Ratusan Anggota Polri Serbu UT Ambon.

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Tahun 2023 ini tak tanggung-tanggung sebanyak 600 lebih anggota Polri “menyerbu” Universitas Terbuka (UT) Ambon. Tetapi tentu saja penyerbuan ini bukan berkonotasi negatif. Ratusan anggota Polri tersebut kompak untuk meneruskan studi mereka di UT Ambon, baik itu mahasiswa baru maupun mahasiswa lama (semester berjalan).

Hal tersebut diungkapkan Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori saat memberikan sambutan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Jarak Jauh pada acara Manajemen Talenta Bintara Polri Angkatan Tahun 2021 di Gedung Rupatama Mapolda Maluku, Rabu (18 Oktober 2023).

“Kami sangat mengapresiasi para anggota Polri di lingkup Polda Maluku yang telah memutuskan untuk menempuh studi di UT Ambon. Saat ini ada 662 orang personil Polri yang berkuliah di UT. Mereka terdiri dari 211 mahasiswa baru di semester 2023/2024 ganjil, sedangkan mahasiswa lama atau on going sebanyak 451 orang,” ungkap Yuli.

Ditambahkan Yuli, banyaknya Polisi yang berkuliah di UT merupakan implementasi perjanjian kerja sama yang sudah dilakukan UT dengan Mabes Polri. Kemudian untuk lulusan Diktukba Polri, ada kebijakan pembebasan beberapa mata kuliah di Program Studi Ilmu Hukum dengan skema Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Terkait Program Studi (Prodi) apa saja yang diminati oleh personil Polri di Provinsi Maluku, pria kelahiran Pangkalpinang ini menyatakan bahwa mayoritas anggota Polri memilih Prodi S1 Ilmu Hukum. Kemudian ada juga yang mengambil program S1 lainnya yaitu Ilmu Pemerintahan, Ilmu Administrasi Negara, Manajemen, Komunikasi, dan Sosiologi.

“Bahkan ada personil Polri di Maluku yang mengambil Program Magister dan Doktor. Dalam data kami, salah satu mahasiswa Program Doktoral adalah Direskrimum Polda Maluku Kombes Andri Iskandar, S.I.K., M.Si. yang mengambil Prodi Doktor Administrasi Publik,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut pihak Polda Maluku diwakili La Jupri, S.E dari Bagbinkar Biro SDM Polda Maluku. Ikut hadir pula dari UT Ambon Rahman Hasim, M.Si selaku Pj Marketing.

Mantan Staf Ahli Wakil Rektor IV UT ini menambahkan, fleksibilitas kuliah di UT memberikan kemudahan bagi personil Polri untuk tetap bisa meningkatkan kualifikasi dan kompetensinya tanpa harus meninggalkan tugas sehari-hari sebagai pengayom masyarakat.

Metode pembelajaran jarak jauh yang dianut UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri memungkinkan para personil Polri bisa membagi waktu untuk mengikuti kuliah misalnya melalui tutorial online (online learning), dan di sisi lain tetap menjalankan tugasnya.

“Kami berharap dengan banyaknya anggota Polri yang menempuh studi di UT Ambon, kami dapat berkontribusi terhadap pencapaian Visi Polri saat ini yaitu Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan atau biasa kita kenal dengan slogan Polri Presisi,” pungkasnya.

Sekedar informasi, saat ini UT Ambon sedang membuka admisi ataupun penerimaan calon mahasiswa baru untuk masa 2023/2024 genap bagi Program Magister dan Doktor hingga tanggal 1 November 2023 mendatang.

Sedangkan untuk Program Sarjana dan Diploma, admisi semester 2023/2024 genap mulai dibuka tanggal 17 Oktober 2023 hingga awal Maret 2024 mendatang. Admisi bisa melalui laman www.sia.ut.ac.id atau bisa melalui Pengurus Pokjar UT di tiap Kabko, ataupun datang langsung ke kantor UT Ambon di Jalan Wolter Monginsidi Lateri Kota Ambon. (SSL)

  • Bagikan