Hari Ini Sadali Ie Dilantik Penjabat Gubernur

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Presiden RI Joko Widodo dipastikan bakal melantik Penjabat Gubernur Maluku bertempat di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Jalan Medan Merdeka Utara, No. 7 Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024, pukul 09.00 WIB.

Hal itu diketahui berdasarkan surat undangan dari Kemendagri RI Nomor: 100.2.1.3/1923/SJ, dalam hal menghadiri pelantikan Penjabat Gubernur Maluku yang disebarkan pada Kamis, 25 April 2024, dengan menggunakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL) dan Peci Nasional TNI/Polri: PDU IV.

Surat undangan tersebut atas nama Menteri Dalam Negeri yang ditandatangani secara elektronik oleh Sekretaris Jenderal Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si, tembusan ke Menteri Dalam Negeri dan Wakil Menteri Dalam Negeri.

Dimana, dalam daftar undangan pelantikan penjabat gubernur itu di antaranya, Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku masa jabatan tahun 2019-2024, Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Murad Ismail, S.H., M.H. (Gubernur Maluku) beserta Istri dan Drs. Barnabas Nathaniel Orno (Wakil Gubernur Maluku) beserta Istri.

Selain itu, juga diundang bupati dan walikota/ penjabat bupati dan walikota se-Provinsi Maluku, dan Forkopimda Provinsi Maluku, di antaranya Sekda Provinsi Maluku, ketua DPRD Provinsi Maluku, Pangdam XVI/Pattimura, kepala Kepolisian Daerah Maluku, kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, kepala BIN Maluku, ketua Pengadilan Tinggi Maluku dan keluarga Penjabat Gubernur (10 orang).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku Drs. Melky M. Lohy, MT dari Kepala Biro Pemerintahan Setda Maluku D. N. Kaya, S.Sos, M.Si, diketahui bahwa Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si, IPU. yang saat ini menjabat Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Maluku akan dilantik sebagai Penjabat Gubernur Maluku.

“Informasi Penjabat Gubernur Maluku ini perlu disampaikan kepada seluruh masyarakat Maluku agar menepis isu-isu yang berkembang selama ini,” kata Lohy, dalam rilis yang diterima media ini, Kamis, 25 April 2024.

Untuk diketahui penunjukan Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU. sebagai Penjabat Gubernur Maluku secara resmi dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, namun terkait Surat Keputusannya akan diterima setelah pelantikan.

Sebagai informasi, akan dilaksanakan Gladi Pelantikan, sebelum yang bersangkutan dilantik sebagai Penjabat Gubernur Maluku oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian. (RIO)

  • Bagikan