Bamsoet: UT Pionir Inovasi Pendidikan Jarak Jauh

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pengakuan terhadap kiprah Universitas Terbuka (UT) terus berdatangan dari para pejabat negara ataupun dari kalangan public figure termasuk artis. Salah satunya dari Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet.

Dalam sebuah kesempatan berbicara pada kegiatan Dies Natalis UT belum lama ini, ia menyatakan bahwa UT sejak berdiri tahun 1984 sebagai Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia telah menunjukkan eksistensinya sebagai pionir dalam inovasi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

Berbagai terobosan telah dilakukan UT baik dalam hal layanan pembelajaran atau perkuliahan hingga pelaksanaan ujian akhir. Bahkan saat ini di UT menyediakan beragam layanan bantuan belajar bagi mahasiswa. Mulai dari tutorial tatap muka, tutorial online, tutorial webinar (menggunakan microsoft teams), hingga pelaksanaan ujian yang fleksibel misalnya menggunakan ujian online remote proctoring.

Apa yang disampaikan oleh Bamsoet yang merupakan alumnus S1 Ilmu Hukum UT tersebut juga dikuatkan oleh Ketua Ikatan Alumni UT Moeldoko.

Jangan ragu untuk berkuliah di UT. Ini adalah kampus masa depan berkonsep mandiri, terbuka, dan jarak jauh, kata Moeldoko yang saat ini adalah Kepala Staf Kepresidenan RI.

Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori mengungkapkan, apa yang telah diutarakan oleh para petinggi negara tersebut merupakan sebuah pengakuan terhadap kiprah UT dalam dunia pendidikan tinggi saat ini di Indonesia.

Apa yang disampaikan oleh Pak Bamsoet dan Pak Moeldoko tentunya karena mereka merasakan sendiri bagaimana kualitas pendidikan di UT. Selain terakreditasi BAN-PT, UT juga telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 sejak tahun 2006. Saat ini UT menjalankan SMM untuk bidang Manajemen Akademik dan bidang Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh. Selan itu, UT juga merupakan pemegang 9 (sembilan) rekor MURI, ucap Yuli.

Selain para pejabat negara yang berkuliah di UT, lanjut Yuli, beberapa selebritis ataupun artis juga merasakan kuliah di UT. Misalnya Anang Hermansyah, Rey Mbayang, Angga Yunanda, Tamara Geraldine, Kamasean, Bayu Oktara, Novi Cherrybelle, dan Bonita JKT48, dan Ridho Slank.

Fleksibilitas waktu perkuliahan di UT membuat para artis merasa nyaman kuliah di UT. Kami akan terus berupaya memberikan layanan terbaik seiring dengan status UT yang saat ini merupakan PTN Badan Hukum (PTN-BH). Di Provinsi Maluku, UT merupakan satu-satunya PTN-BH, tegasnya.

Sekedar informasi, lanjut Yuli, UT membuka penerimaan mahasiswa baru dua kali dalam setahun yaitu di Semester Ganjil dan Genap. Berbeda dengan Perguruan Tinggi lainnya yang hanya membuka pendaftaran mahasiswa baru pada Semester Ganjil.

Saat ini UT Ambon masih membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program Sarjana dan Diploma Semester 2023/2024 Genap hingga tanggal 22 Februari 2024 untuk jalur umum (lulusan SLTA Sederajat termasuk berijazah Paket C). Terdapat puluhan Program Studi di berbagai fakultas seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Termasuk dua Prodi yang baru dibuka yaitu S1 Pendidikan Agama Islam dan S1 Perpajakan. Info pendaftaran bagi calon mahasiswa bisa dilihat di laman ambon.ut.ac.id. Pendaftaran secara online bisa melalui laman sia.ut.ac.id, juga bisa datang langsung ke Kantor UT Ambon di Jl. Wolter Monginsidi, Lateri, Kecamatan. Baguala Kota Ambon, ataupun melalui Pengurus Kelompok Belajar dan Sentra Layanan UT yang tersebar di 11 kabupaten/kota se-Maluku. (MON)

  • Bagikan