PDIP-PPP Berpotensi Raih Dua Kursi di Dapil Buru

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Partai Golkar yang meraih dua kursi dari Dapil Buru-Buru Selatan tahun 2019 lalu, sepertinya redup pada Pemilu 2024 ini. Calon-calo. Yang diusung Partai Golkar, termasuk Gadis Umasugi tidak meraih suara signifikan. Bahkan, dua kursi dari Dapil ini berpotensi direbut Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Saat ini, PPP dan PDIP sudah memastikan meraih masing-masing satu kursi untuk menuju DPRD Provinsi Maluku. Informasi yang dihimpun raihan suara PPP dan PDIP di dapil Buru dan Bursel sudah melebihi 20.000. Pendulang suara terbanyak di PDIP terdapat nama Akmal Tagop Soulissa. Sementara di PPP suara Ketua Wilayah PPP Maluku, Azis Hentihu dan Dali Fahrul Syarifuddin masih saling kejar-kejaran di angka 17.000-an.

Ketua Wilayah PPP Maluku, Aziz Hentihu, yang dikonfirmasi mengaku, Parpol yang dipimpinnya, punya peluang terbuka meraih dua kursi dari Dapil tersebut. Hanya saja, dia menolak merinci hasil perolehan suara yang sementara telah dikumpulkan timnya. Kita tunggu semuanya terkumpul dulu, singkat politisi PPP Maluku ini.

Sementara Muhammad Akmal Tagop Soulisa, Caleg PDIP Dapil Buru-Buru Selatan menyebutkan pihaknya telah mencatat perolehan suara dari pelbagai TPS yang terkumpul sebanyak 21 ribu, lebih.

Insya Allah, satu kursi PDIP untuk DPRD Maluku, dari Dapil Buru-Bursel, kata Akmal ketika dihubungi, via telepon selulernya, Minggu, tadi malam, singkat.

Setelah direkap Timnya, total suara personal, saya di Dapil Buru-Bursel, sebanyak 21 ribu lebih. Ini belum termasuk jumlah suara-suara dari Caleg separtai lainnya, bebernya.

Informasi lain yang dihimpun menyebutkan, PDIP-PPP sejumlah Parpol lainnya, seperti PKS, PKB dan NasDem berpeluang meraih sisa kursi yang diperebutkan.

Masih ada PKS, PKB, NasDem dan Golkar. Kemungkinan diantara Parpol ini juga punya peluang meraih kursi, kata salah satu anggota penyelenggara Pemilu, di Kabupaten Buru, yang dihubungi terpisah, tadi malam.

Dia juga tidak menampik, posisi satu kursi untuk PDIP dan PPP sudah aman dari Dapil Buru-Buru Selatan, lantaran perolehan suara dari kedua Parpol itu, sudah melebihi angka pembangi untuk satu kursi.

Jadi kalau untuk, PDIP dan PPP sudah aman untuk satu kursi, karena perolehan suara saat ini, sudah penuhi angka pembagi untuk satu kursi. Apakah, kedua Parpol ini salah satunya akan meraih dua kursi, kita tunggu saja hasil akhirnya, beber dia.

Yang pasti, lanjut dia, kedua Parpol ini, memiliki peluang yang sama. Artinya, kedua-duanya (PDIP-PPP), punya peluang dan potensi salah satunya meraih dua kursi, tutup dia. (KT/RM)

  • Bagikan