Pemilu di Maluku Aman dan Damai

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 sudah dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia.

Di Maluku, sejak proses ini berjalan hingga selesai pencoblosan, kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) kondusif.

“Pantauan kami dan informasi dari wilayah (Polresta/Polres jajaran) bahwa di TPS TPS masih berlangsung proses perhitungan suara, namun untuk kondisi keamanan dan ketertiban secara umum dapat kami sampaikan semuanya terlaksana dengan aman dan terkendali,” kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M Roem Ohoirat kepada Rakyat Maluku, Rabu, 14 Februari 2024.

Hal ini bisa dilihat dari jalannya pesta demokrasi yang digelar tanpa ada gangguan.

“Sejauh ini belum ada yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban,” ujarnya.

Dengan Kamtibmas yang kondusif ini, masyarakat, pendukung, simpatisan dan peserta Pemilu untuk diharapkan menjaga dan tetap mempertahankannya.

‘Mari kita sama-sama menjaga situasi yang sudah sangat kondusif ini. Semuanya tetap menjaga agar aman dan terkendali,” ingat Kabid Humas.

Sebelumnya, Kapolda Irjen Pol Lotharia Latif bersama Forkopimda Maluku melaksanakan patroli pemantauan Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2024 pada beberapa TPS di Kota Ambon.

Pemantauan proses pencoblosan suara oleh Kapolda dan Forkopimda Maluku ini terbagi dalam tiga tim yang memantau di wilayah berbeda di kota Ambon.

Tim pertama dipimpin Kapolda Maluku, kedua dipimpin Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, dan ketiga dipimpin Gubernur Maluku Murad Ismail.

Hadir dalam monitoring pelaksanaan Pemilu di TPS yaitu Kajati Maluku, Danlanud Pattimura, Irdam XVI/Pattimura maupun Pejabat Utama TNI dan POLRI.

Kapolda Maluku menyampaikan peninjauan tahapan pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah TPS dimaksudkan untuk memastikan situasi keamanan yang kondusif.

Ini adalah salah satu wujud komitmen kami TNI/POLRI dan Pemerintah Daerah dalam menjamin pengamanan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024,” harapnya.

Pemantauan Pemilu yang dilakukan tersebut, kata Kapolda, juga diharapkan masyarakat saat menggunakan hak pilihnya merasa aman dan nyaman.

Selain melakukan pemantauan, Kapolda Maluku juga tampak menyapa petugas TPS dan warga baik yang sudah mencoblos maupun yang akan melaksanakan pencoblosan.

Kapolda pada saat itu juga mengingatkan warga untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik dan bijaksana.

Kapolda juga tetap berpesan agar masyarakat terus menjaga situasi kamtibmas yang kondusif sampai dengan selesainya penghitungan suara nantinya. Sehingga kegiatan Pemilu dapat berjalan aman dan kondusif.

Mantan Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 17 Halong, Rabu 14 Februari 2024. Kedatangannya mengikuti proses pencoblosan untuk menyalurkan hak suaranya.

Karel Albert Ralahalu, berharap dari Pemilu 2024 ini, bisa melahirkan pemimpin baru yang amanah.

“Para wakil rakyat terpilih baik tingkat DPD RI, DPR RI, maupun DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota juga diharapkan bisa membawa negara ini menjadi bangsa yang adil, makmur, sejahtera, dan sesuai dengan apa yang dijanjikan. Supaya kita bisa menjadi bangsa yang besar dan sejahtera,” katanya.

Dia bersyukur, meski tinggal di Jakarta, namun ia bisa sempat datang ke kota berjuluk manise ini untuk menyalurkan hak suaranya.

Hari ini kita menentukan para pemimpin kita yang akan datang baik presiden dan wakil, DPD, DPR RI, dan DPRD Provinsi maupun kabupaten/kota,” ujarnya.

Diketahui, ralahalu tiba bersama istrinya Sofia Oktaviana Sohilait sekitar pukul 08.20 WIT di TPS yang berlokasi di SD Negeri 3 Halong itu. (AAN/MON)

  • Bagikan