KPU Maluku Distribusi Logistik Pemilu Gunakan Helikopter

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, mendistribusikan logistik Pemilu ke Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, menggunakan helikopter.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun “Distribusi kesNa menggunakan helikopter. Sebab daerahnya terpencil dan jauh,” ujarnya kepada wartawan, Senin 12 Februari.

Menurutnya, keputusan menggunakan helikopter, karena daerah tersebut jika dijangkau dengan berjalan kaki, maka akan memakan waktu yang cukup lama atau berhari-hari.

Distribusi logistik menggunakan helikopter MI- 17 TNI AU ke enam desa di kecamatan Seram Utara kabupaten Maluku Tengah yakni desa Kaloa, Elemata, Kanike, Hatuolo, Manusela dan Maraina dimulai sejak Sabtu 10 Februari 2024.

“Karena kondisi geografis tidak bisa dijangkau dengan transportasi biasa,” ujarnya.

Dia mengakui, selain menggunakan helikopter, KPU juga meminta bantuan alutsista TNI AL untuk distribusi logistik ke TPS tersulit, ke lima kabupaten di Maluku yaitu Maluku Barat Daya, Kabupaten Kepulauan Tanimbar , Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku Tengah dan Seram Bagian TImur.

“Kita dibantu oleh TNI dukungan dari TNI dan sudah sampai di Kecamatan dan akan didistribusikan ke desa-desa,” jelasnya.

Kata Rifan, di 11 Kabupaten Kota distribusi logistik yang H-2 adalah kota Ambon, Kabupaten lainnya sudah mulai dari H-4 yang terjauh dan terluar.

“Untuk Kota Ambon kalau untuk persentasi sebenarnya sampai hari ini perkembangannya itu sudah 60% dan H-2 itu sudah selesai atau H-1 sudah sampai di masing-masing TPS,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan