Bawaslu Buka Pendaftaran Pengawas TPS

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku, Subair mengatakan pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pemilu 2024, dibuka awal Januari 2024. Pasalnya PTPS punya peran paling penting untuk mengawasi sekaligus memastikan pesta demokrasi di tingkat TPS berjalan transparan, adil dan akuntabel.

“Pendaftaran PTPS akan dibuka awal Januari 2024,” kata Subair, Selasa 2 Januari 2023.

Menurut Subair, sosialisasi dan pengumuman pendaftaran PTPS sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Sesuai jadwal, itu disampaikan pada 19-31 Desember 2023.

Pendaftaran dan penerimaan berkas dimulai pada 2-6 Januari 2024.

“Di tanggal yang sama juga sekaligus dilakukan tahapan penelitian kelengkapan berkas pendaftaran. Nanti ada satu hari masa perpanjangan yakni di tanggal 7 Januari,” ujarnya.

Dijelaskan, usai tahapan penelitian berkas dimasa perpanjangan, dilanjutkan dengan pengumuman hasil administrasi. Lulus administrasi disampaikan pada 10 Januari 2024.

“Hasilnya nanti akan diumumkan ke publik sambil menunggu tanggapan atau masukan masyarakat atas hasil administrasi tersebut,” terangnya

Pada 2 hingga 17 Januari 2024, dilakukan tes wawancara terhadap calon yang telah lulus berkas administrasi.

“18-19 Januari 2024 penetapan dan pengumuman calon terpilih berdasarkan hasil tes wawancara. Pelantikan PTPS akan dilakukan pada 22 Januari 2024 nanti,” jelasnya.

Pendaftaran PTPS terbuka bebas. Siapa saja dapat mengikuti seleksi tersebut asal memenuhi syarat dan ketentuan.

Diketahui Pemilu 2024, Maluku membutuhkan sebanyak 5.662 pengawas TPS. (MON)

  • Bagikan