Presentase Transaksi Nilai Belanja UMKM Terbesar

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — JAKARTA, — Gubernur Maluku, Murad Ismail, menerima langsung Penghargaan Juara 1 untuk Kategori Provinsi dengan Presentasi Transaksi Nilai Belanja Usaha Mikro dan Usaha Kecil (UMUK) terbesar, dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2023, yang digelar Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, berpusat di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa, 7 November 2023.

Selain Provinsi Maluku, dalam Rakornas dibawah sorotan Tema “Transformasi Pengadaan untuk Indonesia Maju” yang dibuka oleh Menteri Koperasi UMKM RI Teten Masduki mewakili Presiden RI, juga terdapat dua provinsi nominator terbaik dari total 38 provinsi, yakni Aceh dan Sulawesi Tengah.

Kepala Bagian Pengelola Barang dan Jasa Setda Maluku, Hendrik Tamtelahitu, dalam keterangannya mengatakan bahwa berdasarkan Instruksi Gubernur kepada setiap OPD agar anggaran belanjanya di fokuskan untuk melakukan transaksi belanja usaha mikro dan usaha kecil.

“Semoga hal yang baik ini dapat terus dilakukan dan ditingkatkan oleh semua OPD dalam menumbuhkan dan memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Hal ini mengingat, per Oktober 2023 transaksi belanja usaha mikro dan usaha kecil sebesar Rp 69.530.953.509,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, Rakornas yang dilaksanakan selama dua hari sampai dengan Rabu, 8 November 2023, ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2023 tentang Percepatan Transformasi Digital di Bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Hal ini, lanjut Hendrik, sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi.

“Dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Presiden menginstruksikan untuk mengalihkan proses pengadaan yang manual menjadi pengadaan secara elektronik tahun 2023,” jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut diikuti oleh 2.179 peserta dan dihadiri oleh beberapa pimpinan Kementerian, Gubernur/Walikota/Bupati se-Indonesia. (RIO)

  • Bagikan