Gubernur: Tingkatkan Keluarga Sejahtera dan Berkualitas

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Gubernur Maluku, Murad Ismail, didampingi Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad, yang juga sebagai Ina Latu Maluku, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Negeri Wolu, Kecamatan Telutih, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Sabtu, 14 Oktober 2023.

Gubernur dan Ina Latu didampingi Sekda Maluku dan pimpinan OPD Pemprov Maluku disambut oleh warga Negeri Wolu dengan pengalungan karangan bunga oleh siswa SMA Negeri 46 Malteng serta tarian adat cakalele dari Marga Selumena.

Turut menyambut, Pj Bupati Malteng beserta ketua TP-PKK Malteng, Kepala Kementerian Agama Malteng, Pj Sekda Malteng dan pimpinan OPD Pemda Malteng.

Dalam kunjungan itu, Gubernur bersama Ketua TP-PKK melaksanakan beberapa kegiatan yakni, pelayanan kesehatan gratis, bidang keluarga berencana, pelayanan kartu administrasi dan buku nikah.

Selain itu kegiatan pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas dan Pembukaan Sosialisasi Gema Ina Latu Poto Pele Stunting yang ditandai dengan pemukulan tifa oleh Gubernur Maluku.

Gubernur juga berkesempatan menyerahkan bantuan berupa Beras Biofortifikasi dari Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku sebanyak 900 Kg kepada 99 keluarga penerima manfaat, dan penyerahan bantuan berupa Implant Removal KIT untuk program kependudukan keluarga berencana serta pembangunan keluarga diberikan kepada Puskesmas Tehoru dan Puskesmas Tehua.

Tentunya hal tersebut di lakukan berdasarkan Komitmen pengabdian tanpa batas Gubernur Maluku dan Ina Latu Maluku untuk kemajuan dan kesejahtraan Maluku yang Terus disuarakan dan dilaksanakan oleh bapak Pj bupati Maluku Tengah untuk melayani masyarakat yang belum terlayani menjangkau msyarakat yang belum terjangkau.

Gubernur Maluku, Murad Ismail, dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Provinsi Maluku dirinya menyambut baik kegiatan ini sebagai upaya peningkatan keluarga sejahtera dan berkualitas secara baik.

“Salah satu permasalahan secara fokus pemerintah pusat maupun daerah adalah tingginya frekuensi stunting terhadap anak, sehingga perlu dilakukan penanganan dengan melibatkan baik pihak pemerintah, BUMN maupun BUMD, organisasi profesi, TP PKK dan masyarakat yang harus dilakukan secara gotong royong,” ungkapnya.

“Dan melalui pencanangan kampung keluarga berkualitas yang merupakan keterpaduan antara program keluarga berencana dan pembangunan keluarga adalah untuk meningkatkan kualitas hidup dan sumber daya manusia di bumi Pamahanunusa,” tambahnya.

Di kesempatan itu, Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah, Rakib Sahubawa, mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kunjungan Gubernur dan rombongan ke dua kecamatan di Maluku Tengah serta sebelumnya telah membuka turnamen Ina latu Cup (ILC) dan diikuti agenda pelantikan pengurus KONI Maluku Tengah.

“Dalam kegiatan kunker ini, adapula sejumlah kegiatan yang dikoordinasikan dan dilaksanakan bersama oleh Pemprov Maluku dan Pemkab Malteng. Diantaranya, pelayanan kesehatan, pelayanan bina keluarga berencana, pelayanan kartu administrasi kependudukan dan buku nikah,” pungkas Sahubawa. (SSL/ RIO)

  • Bagikan