PLN UP3 dan ULP Masohi Lakukan Pemeliharaan Rutin Gardu Hubung

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — PLN, — (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Masohi dan Unit Layanan Pelanggan (ULP) Masohi bersama-sama melakukan pemeliharaan rutin pada gardu hubung di Negeri Rutah, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula mengatakan, pemeliharaan ini dilakukan untuk memastikan pasokan listrik yang andal dan kontinyu kepada masyarakat.
“Pemeliharaan ini merupakan langkah penting yang diambil oleh kami guna memastikan kualitas dan keandalan sistem tenaga listrik di daerah tugas kami,” kata Awat, Minggu, 25 Juni 2023.

Dia menerangkan, Gardu hubung, yang merupakan titik penting dalam distribusi listrik, berfungsi sebagai sarana manuver pengendali beban listrik jika terjadi gangguan aliran listrik. Rangkaian pemeliharaan ini rutin dilaksanakan petugas PLN UP3 Masohi selama beberapa bulan terakhir, terutama pada sistem distribusi yang tersebar di berbagai daerah. Pemeliharaan tersebut mencakup pemeriksaan menyeluruh, perawatan peralatan, penggantian komponen yang rusak, serta peningkatan kapasitas jika diperlukan.

Pemeliharaan rutin ini dilakukan oleh tim teknisi yang terlatih dan berpengalaman dalam bidang kelistrikan. Mereka menjalankan prosedur standar yang ketat untuk memastikan keselamatan dan kualitas kerja yang optimal. Tim ini bekerja dengan teliti, menguji dan memeriksa setiap komponen gardu hubung, termasuk transformator, sakelar, pemutus sirkuit, dan peralatan pendukung lainnya.

Hasil pemeliharaan yang dilakukan PLN menunjukkan dampak positif yang signifikan. Tidak hanya membantu menjaga keandalan pasokan listrik, tetapi juga mengurangi risiko gangguan jaringan yang tidak terduga. Dengan pemeliharaan rutin ini, PLN berupaya mengoptimalkan kinerja sistem tenaga listrik secara keseluruhan, sehingga masyarakat dapat menikmati pasokan listrik yang stabil dan berkualitas.

“Kami sangat menyadari betapa pentingnya gardu hubung dalam menjaga kelancaran distribusi listrik ke pelanggan kami. Oleh karena itu, kami terus meningkatkan upaya pemeliharaan dan perawatan rutin untuk memastikan gardu hubung beroperasi dalam kondisi terbaik. Ini adalah komitmen kami untuk memberikan pelayanan listrik yang handal dan berkualitas kepada masyarakat,” tutur Manajer UP3 Masohi, Muhammad Ardian.

Pemeliharaan rutin pada gardu hubung akan terus dilakukan pihaknya secara berkala sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Ardian mengimbau masyarakat untuk memberikan dukungan dan pengertian selama proses pemeliharaan berlangsung. Dengan kerja sama antara PLN dan masyarakat, keandalan pasokan listrik dapat terjaga dengan baik, mendorong kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Komitmen PLN akan terus dilaksanakan juga mengedepankan kepentingan pelanggan dalam kelistrikan sehingga kepuasan pelanggan dapat meningkatkan sesuai dengan pilar transformasi yang telah PLN laksanakan, yakni pada pilar customer focused. (CIK/ADV)

  • Bagikan