Empat JCH Asal Maluku Jatuh Sakit

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — MEKAH, — Puncak pelaksanaan ibadah wukuf di Arafah jatuh hari ini, 27 Juni 2023 bertepatan dengan tanggal 9 Zulhijjah. Seluruh Jamaah asal Maluku yang terdiri dari Kloter 33, 34 dan Kloter 35 telah diberangkatkan ke Arafah.

Petugas Haji Kloter 33, Wati Kabalmay dari Arab Saudi melaporkan, seluruh jamaah telah begeser menuju Arafah untuk menunggu waktu pelaksanaan wukuf. Khusus untuk kloter 33, para jamaah diberangkatkan dengan sembilan rombongan tepat pada pukul setengah 1.30 Waktu Arab Saudi dan akan tiba pukul 02.00 waktu setempat. “Alhamdulillah dari sembilan rombongan Kloter 33 rombongan pertama sudah diberangkatkan dan lainnya akan menyusul,” sebut Kabalmay, Senin, 26 Juni 2023.

Ia mengatakan, saat berada di Arafah Jamaah Kloter 33 akan menempati enam tenda yang telah disediakan. Satu tenda untuk 146 jamaah laki-laki, sisanya lima tenda untuk jamaah perempuan. “Kami juga telah menyiapkan perangkat persiapan wukuf di Arafah, diantaranya MC, pembacaan kalam Ilahi, Khatib, dan Khutbah yang direncananya disampaikan langsung Kakanwil Kemenag Maluku, H. Yamin.

Ia mengaku, Kloter 33 memiliki jamaah lanjut usia. Dimana, saat ini ada sebanyak 50 jamaah yang menggunakan kursi roda dan 50 jamaah lainnya menggunakan tongkat. Untuk itu, kata Kabalmay, petugas akan bekerja maksimal dan memberikan pelayanan terbaik, sehingga jamaah dapat melaksanakan Ibadah dengan baik dan lancar.

Kesempatan itu, Kabalmay menambahkan, empat orang jamaah kloter 33 mengalami sakit dan telah dirawat intensif, satu jamaah diketahui jatuh di kamar mandi dan diketahui pula memiliki riwayat penyakit jantung. “Alhamdulillah, seluruh jamaah kloter 33 masih utuh, begitupun kloter 34 dan 35. Mohon doa dari seluruh keluarga di Indonesia agar proses ibadah dilaksanakan dengan lancar dan seluruh jamaah dapat kembali ke tanah air dalam keadaan utuh pula,” tambah Kabalmay.(CIK)

  • Bagikan