MI Hampir Pasti Lengser

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani dan Djarot Saiful Hidayat, dikabarkan tiba di Kota Ambon, Rabu, 3 Mei 2023, hari ini.
Gubernur Maluku, Murad Ismail hampir dipastikan ‘lengser’ dari jabatan sebagai Ketua DPD PDIP Maluku.

Informasi yang diterima, kehadiran ketua DPR RI dan anggota Komisi IV DPR RI di Kota Ambon itu, selain agenda silaturahmi dan konsolidasi, juga sekaligus mengumumkan nama Mercy Chriesty Barends sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD PDIP Provinsi Maluku menggantikan Murad Ismail.

“Besok (hari ini) saya ikut dalam penjemputan rombongan Ibu Puan dan Pak Djarot ke Ambon. Nanti jumpa pers di Kantor DPD PDIP Maluku dan 99,9 persen ibu Mercy Barends akan menggantikan Pak Murad sebagai Plt ketua DPD PDIP Maluku,” ungkap salah satu kader PDIP yang meminta namanya dirahasiakan, kepada koran ini, Selasa, 2 Mei 2023.

Sebelum melakukan jumpa pers, lanjut sumber itu, terlebih dahulu akan dilakukan pertemuan tertutup/rapat internal pimpinan DPD dan DPC yang dipimpin langsung oleh Ketua DPP, Puan Maharani dan Djarot Saiful Hidayat.

Pertemuan itu untuk menyatukan dan menguatkan langkah seluruh kader dalam rangka kerja-kerja partai, khususnya dalam pemenangan PDIP di Pemilu 2024 mendatang, baik di tingkat pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan pemilihan legislatif (Pileg).

“Tentunya diharapkan tidak ada lagi gerbong-gerbong di tubuh PDIP Maluku, semua harus tunduk satu komando menjalankan amanat partai. Kalau ada yang coba membangkang atau bermain dua kaki, maka tentu akan diberikan sanksi tegas dari partai,” beber sumber itu.

Dia menjelaskan, menguatnya nama Mercy Barends sebagai Plt ketua DPD PDIP Provinsi Maluku sudah terlihat sejak DPP PDIP yang secara tiba-tiba memaksa Mercy Barends untuk segara pulang dari Amerika ke Indonesia pada 23 April 2023.

Padahal, sesuai agenda, Mercy Barends harus menyelesaikan tugas parlemennya sebagai anggota Komisi VII DPR RI di Negeri Paman Sam itu selama 10 hari, terhitung sejak 16 April sampai 26 April 2023.

Selain itu, sebanyak 11 DPC PDIP se-Provinsi Maluku juga telah bersepakat menginginkan agar Mercy Barends dapat menduduki kursi ketua DPD PDIP Provinsi Maluku menggantikan Murad Ismail.

“Seperti yang saya sampaikan kemarin bahwa semua ketua DPC ingin ibu Mercy Barends yang jadi Plt ketua DPD PDIP Maluku ganti Pak Murad. Alasannya, Ibu Mercy tidak pernah berkonflik dengan siapapun dan matang dalam berorganisasi, sehingga diyakini mampu menjalankan amanat partai,” terangnya.

Hal senada juga dibenarkan salah satu kader perempuan DPD PDIP Maluku, yang meminta namanya dirahasiakan.

“Ia benar, besok (hari ini) ada jumpa pers oleh Ibu Puan Maharani di Kantor PDIP Maluku, Karang Panjang. Untuk waktu jumpa persnya nanti saya infokan besok ya,” akuinya.

Di tanya apakah jumpa pers tersebut untuk mengumumkan nama Mercy Barends sebagai Plt ketua DPD PDIP Maluku menggantikan Murad Ismail, dia juga membenarkannya.

“Ia, nanti untuk lebih jelasnya besok saja ya,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPD PDIP Maluku, Hendrik Sahureka, membenarkan informasi kedatangan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani dan Djarot Saiful Hidayat, ke Kota Ambon pada Rabu hari ini.

Namun, kata Hendrik, informasi yang diterimanya bahwa kedatangan Puan Maharani, ke Kota Ambon untuk memberikan kuliah umum di Kampus Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.

“Info yang saya dapat Ibu Puan ke Ambon untuk memberikan kuliah umum di Kampus Unpatti. Soal akan dilakukan jumpa pers di Kantor DPD PDIP Maluku untuk umumkan nama pengganti Pak Murad, saya tidak tahu,” tuturnya.

Ditanya soal nama Mercy Barends yang akan menggantikan Murad Ismail sebagai Plt ketua DPD PDIP Maluku, Hendrik enggan berkomentar. Menurutnya, hal tersebut merupakan kewenangan DPP untuk mengumumkannya.

“Soal itu kewenangannya DPP untuk umumkan, bukan kewenangan DPD apalagi saya. Silahkan konfirmasi ke DPP saja,” pungkasnya. (RIO)

  • Bagikan