Gubernur Ingatkan Buat Perubahan Capai Tujuan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Gubernur Maluku, Murad Ismail, mengingatkan seluruh pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku untuk terus melakukan perubahan terhadap situasi yang dihadapi agar dapat mencapai tujuan kedepan.

Demikian disampaikan Gubernur dalam sambutannya usai melakukan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Fungsional, Administrator, dan Pengawas di Lingkungan Pemprov Maluku, bertempat di Aula Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Selasa, 4 April 2023.

Menurut Gubenur, saat ini telah memasuki tahun terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Maluku Tahun 2019-2024. Banyak kemajuan yang sudah dicapai dalam berbagai sektor pembangunan. Disisi lain, pemerintah daerah juga masih diperhadapkan dengan berbagai permasalahan yang harus diselesaikan.

“Karena alasan itulah dilakukan kebijakan penataan birokrasi, agar mesin birokrasi dapat bergerak lebih cepat dan dinamis untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Provinsi Maluku, yaitu Maluku yang terkelola secara jujur, bersih dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan,” ucapnya.

Sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, Gubernur juga menegaskan sekaligus menginstruksikan hal-hal strategis kepada pejabat yang baru dilantik, yakni segera melakukan konsolidasi dan adaptasi pada jabatan atau tempat tugas yang baru.

“Serta lakukan langkah-langkah percepatan pelaksanaan program dan kegiatan yang telah ditetapkan pada masing-masing unit kerja. Sehingga dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung. Bekerjalah dengan keras, cerdas, ikhlas, dan tuntas,” pesan Gubernur.

Mantan Dankor Brimob itu juga mengatakan, inovasi merupakan kunci keberhasilan pembangunan di daerah ini. Oleh sebab itu, dirinya memerintahkan pejabat yang baru dilantik untuk terus membuat terobosan dan menciptakan inovasi yang dapat menjadi lokomotif pembangunan di daerah.

“Terus jaga integritas saudara-saudara sebagai pejabat publik, dan pegang teguh sumpah atau janji yang baru saja diikrarkan serta hindari diri dari segala bentuk korupsi, kolusi dan nepotisme,” imbaunya.

Dia menjelaskan, jabatan adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan tidak hanya kepada pemerintah, negara dan masyarakat, tetapi juga yang lebih penting kepada Allah SWT l, Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Akhirnya saya mengucapkan selamat bertugas bagi para pejabat yang dilantik pada hari ini, dan selamat menjalankan Ibadah Puasa 1444 Hijriah kepada seluruh umat Islam, serta selamat memasuki Paskah Tahun 2023 kepada seluruh umat Kristiani dimanapun berada,” tutupnya.

14 pejabat yang dilantik berdasarkan keputusan Gubernur Maluku No. 340 tahun 2023, 341 tahun 2023, 342 tahun 2023, 343 tahun 2023, dan 344 tahun 2023, tertanggal 4 April Tahun 2023, di antaranya, pertama, Drs. Jasmono, M.Si dengan jabatan baru sebagai Inspektur Daerah.

Kedua, Drs. Titus Fransiscus Linus Renwarin, M.Si sebagai kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP). Ketiga, Drs. Melkias Moses Lohy, M.T sebagai kepala Dinas Komunikasi dan Informatika. Keempat, Dr. Ir. Erawan Asikin, M.Si sebagai kepala Dinas Kelautan dan Perikanan. Kelima, Dra. Halimah T. Soamolle, M.Si sebagai kepala Badan Kepegawaian Daerah.

Keenam, David Soleman Katayane, SE., M.Si sebagai kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan. Ketujuh, Raden Affandy Hasanussi, S.STp, M.Si sebagai kepala Badan Pengelola Perbatasan. Kedelapan, Dr. Ahmad Elly sebagai kepala Dinas Ketahanan Pangan. Kesembilan, Alwiyah Alaydrus, SH. MH sebagai kepala Biro Organisasi Setda. Ke-10, dr. Zulkarnaini, SPJB sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan.

Ke-11, Drs. Semuel Estefanus Huwae, MH sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Pemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia. Ke-12, Drs. Mustafa Sangadji, MM sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda. Ke-13, dr. Meikyal Pontoh, M. Kes sebagai kepala Dinas Pariwisata. Dan ke-14, Petterson Ramkoratat, SH sebagai Asisten Administrasi Umum Setda.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali Ie., M.Si, para Staf Ahli Gubernur, Asisten Setda, pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, serta unsur terkait lainnya. (RIO)

  • Bagikan