Pemkot Permudah Ambil Kredit KUR di Bank

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Warga Kota Ambon yang telah dinyatakan lolos test dan tertarik bekerja di Negara Australia, bakal dibantu oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, dengan cara mempermudah mereka dalam mengambil Kredit Usaha Rakyat (KUR) di bank sebesar Rp 85 juta.

Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, mengatakan, tujuan mempermudah tersebut agar para calon pekerja tidak lagi menggunakan uang pribadi.

“Pemkot Ambon akan membangun kerjasama dengan Bank Mandiri agar penyaluran KUR bagi para pekerja ini bisa dipermudah. Sehingga uang Rp85 juta itu nanti disalurkan lewat KUR,” kata Wattimena, kepada wartawan di kantornya, Rabu 29 Maret 2023

Dia menjelaskan, bekerja di Australia merupakan tawaran kerja. Dan setiap calon pekerja wajib membayar Rp 85 juta untuk bisa berangkat kerja ke Australia, karena harus memiliki tiket dan visa.

“Jadi nanti gaji dari para pekerja ini akan dipotong otomatis jika mereka sudah bekerja. Tidak ada paksaan. Tapi mereka bisa menghitung, kan Rp 85 juta itu kalau didolarkan kecil saja itu,” jelas Wattimena.

Sebelumnya, para pekerja dihebohkan dengan biaya berangkat dan lainnya mencapai Rp 85 juta yang dinilai terlalu berat. Dimana, Rp 85 juta itu untuk biaya 13 item.

Yakni, Sertifikasi Diploma of Business Aston College, PTY. LTD, Sertifikasi Advanced English of California Education Centre, Sertifikasi PTE, Biaya Asrama dan Makan 3x sehari selama enam bulan, dan
Translate Dokumen Tersumpah.

Selain itu, Rekomendasi Pemerintah Indonesia, Asuransi Keluar Negeri, Pembiayaan Visa termasuk HAP ID & MCU,Tiket Pesawat Ke Australia,Undangan Kuliah (bagi student visa), Job Letter (bagi sponsorship), Akomodasi setelah sampai dan penjemputan di Australia, Jasa Konsultan & Agensi di Australia. (MON/ RIO)

  • Bagikan