Cegah Varian Baru Covid-19, BINDA Maluku Itensifkan Vaksinasi di Buru

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — BURU, — Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) kembali melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Buru. Kali ini, kegiatan vaksinasi dipusatkan di Kantor Desa Namlea, Kecamatan Namlea, Senin, 15 Agustus 2022.

Kabagops BINDA Maluku, Kolonel Laut (KH) Rusendra Ichwan, mengatakan, vaksinasi tersebut menyasar masyarakat umum, pelajar, pelayan publik dan lansia. Harapannya, melalui kegiatan rutin vaksinasi mampu meningkatkan capaian vaksinasi di Kabupaten Buru.

“Terselenggaranya vaksinasi tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Buru,” kata Ichwan kepada rakyatmaluku.fajar.co.id di Ambon.

Dia mengimbau, bagi masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi dosis I dan II terutama dosis III atau booster, agar segera melaksanakan vaksinasi untuk melindungi diri dan anggota keluarga dari varian baru virus Covid-19, terutama pada saat aktivitas sehari-hari.

“Melalui vaksinasi secara massal, BINDA Maluku berkomitmen memberikan kemudahan akses vaksin bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya yang tinggal jauh di daerah 4T (Terdepan, Terluar, Tertinggal dan Transmigrasi),” imbau Ichwan.

Dia menjelaskan, munculnya sub varian Omicron BA.4 dan BA.5 perlu segera dicegah dengan meningkatkan kekebalan komunal di tengah masyarakat. Pemberian dosis ketiga atau booster harus segera digencarkan agar ketahanan masyarakat menghadapi risiko penularan Covid-19 tetap memadai.

“Hal inilah yang mendorong Badan Intelijen Negara (BIN) terus mengintensifkan kegiatan vaksinasi di semua wilayah termasuk di Provinsi Maluku,” jelas Ichwan.

Dikatakan Ichwan, perlindungan yang ditawarkan oleh vaksin primer 2 dosis tidak cukup. Sebab, vaksin hanya 2 dosis masih kurang manjur terhadap infeksi Omicron, tetapi masih melindungi terhadap kasus penyakit yang parah. Vaksin booster memastikan bahwa lebih banyak antibodi terbentuk, menawarkan lebih banyak perlindungan.

“Dalam upaya mengintensifkan vaksinasi tersebut, BINDA Maluku setiap harinya akan melayani pemberian vaksinasi dosis primer (1 dan 2) serta booster kepada penerima vaksin. Tim vaksinasi BINDA Maluku bekerja sama dengan sejumlah Puskesmas yang tersebar di 11 Kabupaten/ Kota di Maluku,” pungkasnya. (RIO)

  • Bagikan