Gubernur Terima Anugerah Layanan Investasi dari Wapres

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Setalah menerima penghargaan juara 1 untuk Kategori Provinsi dengan Presentasi Transaksi Nilai Belanja Usaha Mikro dan Usaha Kecil terbesar, Gubernur Maluku Murad Ismail kembali menerima penghargaan langsung dari Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin, atas Provinsi Maluku yang meraih Peringkat Terbaik Ketiga Anugerah Layanan Investasi (ALI) Tahun 2023 Kategori Provinsi se-Indonesia.

Acara ALI Tahun 2023 di bawah sorotan Tema Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha yang digelar Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, itu berpusat di Hotel Shangrila, Jakarta, Rabu, 8 November 2023.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Maluku, Syuryadi Sabirin, yang dihubungi media ini via telepon seluler mengatakan prestasi tersebut diraih karena Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Maluku telah melaksanakan arahan dan petunjuk Gubernur Maluku dalam pelaksanaan perizinan sesuai dengan regulasi yang diprasyaratkan

“Yaitu pertama, Pelaksanaan Perizinan Investasi melalui Aplikasi OSS-RBA dan Aplikasi SICANTIK CLOUD. Kedua, Menerapkan ISO 37001 (anti suap) dan ISO 9001 (Pelayanan Publik), dan ketiga yaitu Inovasi yang dilaksanakan dengan pembuatan Klinik Helpdesk OSS-RBA, Laporan Kinerja Penanam Modal (LKPM) serta mobil pelayanan keliling untuk pembuatan NIB dan konsultasi layanan LKPM,” paparnya.

Dijelaskan, Pemerintah Provinsi Maluku sudah menyusun dan mengimplementasikan setiap regulasi yang diprasyaratkan sesuai amanat undang-undang, dimana dalam penyelenggaran proses perizinan, aparatur DPMPTSP Provinsi Maluku berpedoman kepada regulasi yang telah disusun.

Sehingga, lanjut Suryadi, hal itu berdampak kepada Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang cukup tinggi dan sarana dan prasarana penyelenggaraan perizinan yang memadai berdampak pada kualitas pelayanan perizinan.

“Untuk proses penyelenggaraan perizinan di Provinsi Maluku dilakukan secara online melalui aplikasi OSS-RBA dan SiCantik cloud dan tidak lagi secara manual” jelasnya.

“Apalagi, target dan realisasi investasi tahun 2022 belum sesuai yang diharapkan, namun pada tahun 2023 triwulan III sudah mencapai 113%, dan saat ini Inovasi yang dilakukan di DPMPTSP Provinsi Maluku adalah KLINIK HELPDESK OSS-RBA dan LKPM serta Mobil Pelayanan Keliling untuk pembuatan NIB dan Konsultasi layanan LKPM,” tambah Suryadi. (RIO)

  • Bagikan