Cek fakta; Tiga ABK KM. Sweet Belum Ditemukan.

  • Bagikan

Beredar di media sosial Facebook terkait sudah ditemukannya tiga ABK KM. Sweet dalam kondisi selamat sejak Senin 18 Maret 2024. Pesan yang dicapture dan dibagikan ke sejumlah grup whatsapp.

Narasi capture yang dibagikan ialah “terkait dengan postingan ini yang beta bagikan kemarin buat basudara dong yang di grup ini. Terima kasih buat bersaudara dong semua atas doa dan dukungannya. Bahwa sisa korban yang 3 orang dari tenggelam KM Sweet telah ditemukan dalam keadaan selamat di Seram Bagian Timur”

HASIL CEK FAKTA

Terkait dengan informasi tersebut, cek fakta kemudian melakukan penelusuran dengan menghubungi Humas Basarnas Ambon melalui pesan chat whatsapp, Senin siang kemarin. Namun baru mendapat tanggapan informasi tersebut tidak benar. “Pagi, HOAX,” tulisnya singkat.

Setelah mengunjungi akun facebook yang memposting narasi tersebut siang tadi. Hasilnya, postingannya ini diduga sudah dihapus karena tidak lagi berada pada beranda akun tersebut.

Tak hanya itu, Kepala Basarnas Ambon, Muhammad Arif Anwar juga telah membantas adanya informasi tersebut melalui keterangannya siang tadi.

Pada tanggal 17 Maret sekitar pukul 11 malam beredar satu informasi yang diterima tim SAR gabungan, bahwa ketiga korban ditemukan di perairan SBT dalam keadaan selamat. Namun setelah tim gabungan berkoordinasi dengan Unit Siaga SAR SBT dan Polairud SBT, informasi tersebut tidak benar adanya.

“Kami sangat menyayangkan ada masyarakat yang tega menyebarkan informasi seperti itu. Ke depan apabila ditemukan tanda-tanda keberadaan korban atau korban ditemukan maka ops SAR pun dibuka kembali untuk proses evakuasi,” kata Arif, Selasa Maret lalu.

KESIMPULAN

Informasi yang menyatakan tiga ABK KM. Sweet telah ditemukan dalam keadaan selamat di Kabupaten Seram Bagian Timur, tidak benar atau hoaks.

Rujukan

https://www.facebook.com/share/ctqEVYk6E67gKo4h/?mibextid=qi2Omg
  • Bagikan