Hujan Angin, Pohon Tumbang di Sejumlah Titik

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Hujan serta angin kencang terjadi di Kota Ambon, pada Minggu 12 Mei, malam hingga Senin, 13 Mei 2024. Akibatnya terjadi bencana pohon tumbang serta tanah longsor di sejumlah titik.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, longsor terjadi di, Soya, Batu Merah, Amantelu, Batu Meja, Karang Panjang, Urimessing, Passo, Mangga Dua. Kayu Putih, Kopertis, Warawiri, BTN Manusela, Skip Atas, Siwang.

“Akibat intensitas hujan yang terus meningkat dari tanggal 1 Mei 2024 hingga hari ini mengakibatkan beberapa kejadian bencana di daerah Kota Ambon,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Ambon, Fahmi Salatalohy, Senin 13 Mei 2024.

Menurutnya, tanah Longsor menimpah bagian samping, depan dan belakang rumah warga. Sedangkan pohon tumbang rubuh menimpah rumah warga hingga atap rumah rusak.
“Pohon tumbang dan tanah longsor terjadi di sejumlah titik, dengan masyarakat terdampak 11 kepala keluarga (KK) dan 41 jiwa,” katanya.

Dia mengakui, petugas PUSDALOPS, bidang kedaruratan dalam hal ini Kasie Kadaruratan dan Kasie Logistik beserta Staf turun langsung meninjau lokasi kejadian.

Masyarakat gotong royong untuk melakukan pembersihan lokasi longsor dan pohon tumbang yang
menimpah rumah mereka.

“Pemberian bantuan logistic berupa Terpal, Sekop, Karung dan Gerobak kepada Masyarakat terdampak kejadian bencana,” jelasnya.

Akibat bencana itu, terjadi pemadaman lampu oleh PLN akses komunikasi terganggu.

Selain itu, Internet/jaringan Indihome di kantor BPBD mengalami gangguan mengakibatkan pelaporan sedikit terhambat.

Dia mengimbau masyarakat tetap waspada karena siklus cuaca yang tidak menentu. Sebab pada bulan Juli puncak terjadi hujan.

“Sampai dengan Juli itu puncaknya hujan, sehingga selalu antisipasi itu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya. (MON)

  • Bagikan