Rektor Unpatti: Manfaatkan Beasiswa Yang Didapat

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pattimura (Unpatti) melaksanakan kegiatan Pembinaan Karakter Mental dan Spiritual bagi mahasiswa Unpatti penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Angkatan 2022, yang berlangsung di Gedung Auditorium Unpatti, Kota Ambon, Selasa, 2 April 2024.

Rektor Unpatti, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang digelar saat ini tentu memiliki tujuan dan sasaran yang baik dalam membentuk mental dan spiritual mahasiswa. Sebab, seseorang yang memiliki keberhasilan dimasa depannya ditentukan melalui mental dan spiritual di usia muda.

“Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari pemerintah adalah merupakan berkat yang harus disyukuri. Kegiatan ini dilakukan pada Bulan Suci Ramadhan, dimana sekaligus membentuk mental dan spritiual mahasiswa untuk memahami bagaimana memanfaatkan beasiswa yang didapat dengan baik, ujar rektor.

Dikatakan Rektor, agar mahasiswa penerima KIP-K dapat menjadi contoh dan teladan bagi mahasiswa lainnya, yang dimulai dari aspek karakter (mental dan spiritual) dan juga aspek kerja keras serta dapat menunjukkan keberhasilan tepat waktu dengan prestasi yang baik.

“Selain itu juga dapat memiliki prestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang diwujudkan dengan indeks prestasi. Rektor berharap, agar mahasiswa dapat menjadi teladan dan contoh dengan memiliki mental dan spiritual yang baik diwujudkan dengan belajar keras, memiliki prestasi dan berhasil tepat pada waktunya,” paparnya.

Di kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Nur Aida Kubangun, S.Pd, M.Pd, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan saat ini tentu memiliki makna, dan materi yang diberikan pun beragam sehingga dapat memotivasi dan membentuk karakter para mahasiswa.

“Juga dapat menjadi tokoh atau icon bagi mahasiswa lainnya. Selain itu juga, ada berbagai macam beasiswa yang ada di perguruan tinggi. Karena itu diharapkan bagi mahasiswa untuk terus mencari informasi seputar beasiswa,” harapnya.

Diketahui, narasumber yang dihadirkan yaitu Pendeta I. Sapulette, S.Th, M.Si (Sekretaris Umum MPH Sinode GPM) dengan materi yang dibawakan Mental dan Spiritual dengan Pendekatan Agama Kristen, Dr. Kapraja Sangadji, M.Pd (Dosen IAIN Ambon) materi yang dibawakan Mental dan Spiritual dengan Pendekatan Agama Islam, Abdul Ripai Pulu, S.Sos (Direktur Lembaga Amil Zakat Cendikia Maluku), Dr. Theophanny P. Th. Rampisela, S.Psi, M.Ed (Dosen FKIP Unpatti) dengan materi Mental dan Spiritual dengan Pendekatan Psikologi”.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Nur Aida Kubangun, S.Pd, M.Pd, Kepala Biro AKPHM, Ir. Daniel H. Nanuru, M.Si, para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Koordinator dan para Sub Koordinator Bagian Kemahasiswaan dan Humas, dan mahasiswa penerima KIP-K Angkatan 2022. (ADV/ RIO)

  • Bagikan