Unpatti Unggul Untuk Generasi Emas Indonesia

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pencanangan Dies Natalis Universitas Pattimura (Unpatti) ke-61 mengusung tema “Unpatti Unggul Untuk Generasi Emas Indonesia”, berlangsung di Lapangan Upacara Unpatti Ambon, Jumat, 8 Maret 2024.

Rektor Unpatti, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd, dalam sambutannya usai membuka pencanangan dies natalis mengatakan, tema yang diangkat tersebut dapat memberikan semangat kepada civitas akademika Unpatti untuk terus menumbuhkan kesadaran kolektif, bersama-sama bergandeng tangan dengan tekat menciptakan Unpatti Unggul, Bersinar, Menuju World Class University.

“Saya mengajak seluruh Civitas Akademika Unpatti dengan tekat yang kuat, kita wujudkan Unpatti yang Unggul dengan segala potensi yang dimiliki untuk pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat dengan semangat hotumese Unpatti terus berkontribusi memberikan inovasi terbaik dalam pengembangan pendidikan,” katanya.

Menurut Fredy, Unpatti sebagai kampus orang basudara menjadikan Unpatti sebagai rumah bersama untuk menciptakan generasi emas Indonesia, tutup rektor.

“Sebagai kampus orang basudara mari kita memajukan kampus ini dengan berfokus kepada Tridharma Perguruan Tinggi,” ajaknya.

Hal senada juga disampaikan mantan Rektor Unpatti, Dr. Mus Huliselan, DEA. Menurutnya, saat ini semua perguruan tinggi berada pada suatu proses persaingan untuk mencapai keunggulan, bukan hanya unggul secara nasional tetapi juga secara internasional.

Karena itu melalui tema dies natalis ini tentu menjadi sebuah tantangan untuk bagaimana berjuang bersama-sama kedepan yang sesuai dengan visi dan misi Universitas Pattimura, yaitu berkarakter dan berbudaya kepulauan.

“Untuk mencapai hal tersebut tentu membutuhkan perjuangan dan kerjasama bersama agar pendidikan Universitas Pattimura semakin unggul,” ungkap Huliselan, dalam sambutannya.

Di kesempatan itu, Dekan Fakultas KIP Unpatti, Prof. Dr. I. H. Wenno, S.Pd., M.Pd, mengatakan, genda dies natalis ke-61 berorientasi kepada kegiatan akademik, sehingga melalui seluruh kegiatan dies natalis dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pengembangan Unpatti kedepannya.

“Saya harap pencanangan dies natalis yang diawali dengan penyalaan dan estafet obor dies merupakan simbol semangat dari civitas akademika Unpatti untuk terus berkembang dan memajukan Unpatti dengan berfokus kepada Tridharma Perguruan Tinggi untuk memberikan kontribusi dengan berbagai inovasi dan kreativitas guna menghasilkan generasi muda yang berkarakter, mandiri dan unggul,” paparnya.

Ketua Panitia Dies Natalis Unpatti, Prof. Dr. A. Fenanlampir, M.Pd, menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai sarana sinergitas dan kolaborasi antara para pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dunia profesional dan masyarakat umum, untuk menampilkan bakat terbaik dalam berbagai kajian akademik, olahraga, seni budaya, kreatifitas dan entrepreneurship untuk bekal masa depan menuju generasi emas Indonesia.

“Selain itu sebagai sarana silaturahmi antar keluarga besar Universitas Pattimura dan juga masayarakat. Unpatti Unggul Untuk Generasi Emas Indonesia menjadi tema pada dies natalis kali ini, dengan moto bakukele manggurebe bikin prestasi, diharapkan civitas akademika dapat terus bergandengan tangan untuk memajukan Unpatti,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, pelaksanaan pencanangan dies natalis dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama penyalaan obor dies berlangsung di Pattimura Park Kota Ambon dan sesi kedua pencanangan dies di lapangan upacara Unpatti. Berbagai kegiatan dalam rangkaian dies natalis akan terus berlanjut hingga puncak acara pada 23 April 2024.

“Semoga dengan terlaksana kegiatan ini dapat menciptakan generasi unggul diberbagai bidang, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan pada akhirnya menghasilkan kualitas lulusan yang relevan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja,” pungkasnya.

Acara pencanangan dies natalis ini dimeriahkan dengan suguhan seni, senam erobik dan dilanjutkan dengan permainan King atau Bingo. Kegiatan ini semakin meriah juga karena dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Maluku, seluruh civitas akademika dan tenaga kependidikan dalam lingkup Unpatti, para sesepuh, stageholder serta tamu undangan lainnya.

Berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka peringatan Dies Natalis ke 61 di antaranya Sehari Mengabdi Kepada Masyarakat, Dialog Interaktif, Pattimura Expo, hingga puncak Dies Natalis pada 23 April 2024. (ADV/ RIO)

  • Bagikan