Beasiswa Maluku Reborn untuk Studi ke Luar Negeri

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Ini kesempatan langka bagi putra-putri terbaik Anda yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Strata Satu tersedia beasiswa ke luar negeri yakni Jepang, Belanda, Jerman, Australia, dan Amerika Serikat.

Direktur Yayasan Andarinyo Go Earth dan Ketua Yayasan Ina Haha Maluku Profesor Doktor Rohny S Maail, S.Hut, M.Si, UPI, dalam keterangannya kepada Rakyat Maluku, Rabu, (13/3/24), mengatakan beasiswa bertema: BEASISWA MALUKU REBORN ini diberikan bagi anak-anak muda Maluku terutama mereka yang baru lulus tahun 2024.

“Beasiswa ini diberikan khusus untuk putra-putri Maluku yang pintar tapi berasal dari keluarga yang berkekurangan atau tidak mampu dari sisi ekonomi,” ujar Doktor Rohny Mail.

Pendaftaran dibuka sampai tanggal 18 Mei 2024, diikuti oleh Seleksi Berkas tanggal 20-22 Mei 2024.

Lalu diikuti Test Kemampuan Akademik secara tertulis tanggal 23-24 Mei 2024 dilanjutkan dengan Tes Wawancara tanggal 27-28 Mei 2024 serta Pengumuman Peserta Lolos 30 Mei 2024.

“Keberangkatan ke negara tujuan untuk Studi S1 ini akan dimulai pada Januari 2025,” ujarnya.

Menyoal tempat studi negara tujuan Doktor Rohny Maail mengatakan, untuk negara Jepang mencakup Kyoto University, Kyoto International University, dan Hiroshima University.

Adapun untuk negara tujuan Belanda mencakup Wageningen University, dan Groningen University.

Sedangkan negara tujuan Jerman mencakup Terchnical University of Munich, dan untuk Australia yakni Meulborne University, serta untuk Amerika Serikat yakni Stanford University.

Ia berharap melalui “Beasiswa Reborn Maluku” ini akan mendorong niat baik kita memajukan anak-anak Negeri Seribu Pulau, Negeri Raja-Raja ini selalu diberi keberkahan oleh Yang Maha Kuasa.

DR.Rohny Maail yang tidak lain Dosen Fakultas Pertanian Unpatti, Ambon, yang jebolan doktor pada Universitas Kyoto, Jepang, itu termasuk orang yang selama ini telah berjasa dan dipercaya sebagai Koordinator Kerjasama Pendidikan/Beasiswa Study and Work in Japan.

Ia sangat respek pada pengembangan dunia pendidikan. Menurutnya, dunia kini sudah terbuka. Kita harus punya akses dengan dunia luar.

“Kedepan hanya melalui Sumber Daya Manusia (SDM) yang handallah kita bisa membangun masa depan Maluku dan Indonesia,” ujarnya dalam suatu kesempatan.

Ia membayangkan bila suatu saat Blok Gas Masela beroperasi sementara kita tak punya SDM apakah kita hanya menjadi penonton?

Sudah delapan tahun terakhir semenjak tak lagi menjabat sebagai Kahumas Unpatti — melalui lembaganya Yayasan Andarinyo Go Earth dan Yayasan Ina Haha Maluku ia telah berhasil merekrut dan memberangkatkan puluhan siswa dan mahasiswa asal Maluku berprestasi melalui beasiswa ke Negeri Sakura.

Tahun 2021 lalu, misalnya, berkat kerjasama Pemkot Ambon dan Dinas Pendidikan Kota Ambon sebanyak tujuh mahasiswa S1 penerima beasiswa telah berhasil menyelesaikan studinya di Jepang. Mereka kini telah kembali dan mengabdi di kota ini sekaligus sukses menjadi duta budaya di Jepang.

Pengalamannya selama menempuh pendidikan S3 di Jepang membuat Dr Rohny kaya pengalaman. Ia memiliki banyak jaringan dengan sesama alumni Jepang asal Indonesia maupun alumni dari negara lain.

Untuk merekrut anak-didik berprestasi dari Maluku ke luar negeri ia secara intens melakukan komunikasi dengan sejumlah kedutaan negara sahabat tanpa kecuali Kedutaan Jepang di Jakarta.

Mereka yang dikirim itu nantinya harus melalui tes dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Selain itu dia juga harus melakukan koordinasi dengan para kepala daerah di Maluku untuk mendapatkan siswa/mahasiswa berprestasi.

Jika putra-putri Anda berminat studi ke negara tujuan sebagaimana disebutkan di atas silakan kontak ke nomor Hp berikut ini: 081284315472 (Dr.Rohny Maail) dan 081247721345 (Pdt.Noni Noya).(*)

  • Bagikan