Ameks Institut Gelar Workshop Penguatan Kebangsaan Bagi Wartawan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena membuka secara resmi kegiatan Workshop Penguatan Kebangsaan bagi wartawan di Kota Ambon yang digelar Ambon Ekspres (Ameks) Institut, bertempat di Media Cafe, Senin 11 Maret 2024.

Dalam sambutannya, Bodewin menyampaikan terima kasih kepada Ameks Institut yang sudah menyelenggarakan kegiatan tersebut jelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Tahun 2024.

Menurutnya, peran pers sebagai salah satu pilar demokrasi selain lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif, sangat krusial guna menjaga perwujudan demokrasi itu sendiri.

“Kebebasan pers itu kebebasan yang bertanggungjawab. Tapi ingat, tidak semua mampu untuk menjaga independen, karena menyangkut kepentingan. Sehingga dalam kegiatan ini, wartawan harus memahami,” katanya.

Ditambahkan Bodewin, pers selama ini sudah berperan luar biasa dalam menjaga integrasi bangsa. Namun ada juga yang dipengaruhi oleh kepentingan-kepentingan diluar itu.

“Saya berharap dengan adanya workshop ini, para peserta yang notabene berprofesi sebagai kuli tinta dalam melaksanakan tugasnya tidak menjadi orang yang meredupkan semangat kebhinekaan di antara perbedaan yang ada,” harapnya.

Di kesempatan itu, Direktur Ameks Institute, Nasri Dumula, menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas pemberitaan terkait Pemilukada di Kota Ambon guna mencegah terjadinya kekeliruan dan kemungkinan adanya kesalahan penafsiran terhadap suatu angel berita.

“Untuk itu, dalam prosesnya kami menghadirkan para narasumber yang berkompeten untuk bertukar pikiran mengenai regulasi Pemilukada sesuai dengan keberadaan dan tugas masing-masing. Inilah bentuk kontribusi kami dalam rangka mendorong sistem demokrasi yang akuntabel,” pungkasnya. (MON/ RIO)

  • Bagikan