Satgas Pangan Awasi Pasar Murah

  • Bagikan

RAKYATMALUIKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polda Maluku melakukan pengawasan Pasar Murah di sejumlah daerah.

Pasar murah yang dilaksanakan Badan Urusan Logistik (Bulog) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Maluku ini menyusul kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat seperti beras.

“Pasar murah sudah dilaksanakan sejak pertengahan bulan Februari 2024 di sejumlah kabupaten/kota. Dan kami melakukan pengawasan agar tidak disalahgunakan,” kata Ketua Tim Tindak Satgas Pangan Polda Maluku AKP Piter Matahelumual, Kamis, 29 Februari 2024.

Di kota Ambon sendiri, pasar murah kerap dilaksanakan secara mobile. Pada Rabu (28/2/2024) kemarin, pasar murah dilaksanakan di ruas jalan Pantai Mardika. Sasarannya masyarakat kurang mampu atau masyarakat menengah ke bawah.

Pengawasan pasar murah dilakukan Satgas Pangan Polda Maluku untuk memastikan bahwa pelaksanaannya tepat sasaran dan tidak dimanfaatkan oleh pedagang yang akan membeli kemudian menjualnya kembali dengan harga yang telah dinaikkan.

“Apabila kedapatan ada pedagang yang dengan sengaja memanfaatkan pelaksanaan pasar murah tersebut untuk mencari keuntungan maka akan langsung diproses sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Selain mengawasi pelaksanaan pasar murah, Satgas Pangan menjelang Ramadan juga melakukan pemantauan stok beras, gula, minyak goreng, terigu, di gudang bulog dan gudang para pedagang. (AAN)

  • Bagikan