Banyak Petahana DPRD Ambon yang Tumbang

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Rekapitulasi suara sementara berlangsung di tingkat kecamatan namun sejauh ini sudah mulai terlihat calon legsilatif siapa yang bakalan lolos. Khusus untuk Caleg DPRD Kota Ambon, penelusuran media ini, sedikitnya ada belasan petahana DPRD Kota Ambon yang bakalan tumbang.

Dari 35 anggota DPRD Kota Ambon periode 2019-2024 yang kembali maju sebagai caleg, sebanyak 16 di antaranya berpotensi gagal terpilih lagi.

Potensi tumbangnya caleg incumbent itu merata di setiap daerah pemilihan. Yang terbanyak di dapil Ambon I meliputi kecamatan Sirimau I dan Leitimur Selatan.

Dari dapil Ambon I ini, ada empat petahana yang berpotensi gagal yakni Jhony Wattimena dari Partai Gerindra), Itha Latupapua dari Partai Golkar, Indra Tanaya NasDem, Yuliana Pattipelohy dari Perindo dan Julius Toisuta dari Demokrat.

Untuk dapil ini, nama-nama pengganti mereka yang gagal adalah Valentino Ahmorseja menggatikan Jhony Wattimena di Gerindra, Aditya Sahubura menggantikan Ita Latupapua di Golkar, Noni Rusel mengantikan Indra Tanaya di NasDem dan Femry Tuanakota menggantikan Julius Toisuta di Partai Demokrat.

Di Dapil Ambon II, yang hampir pasti tumbang adalah Rustam Latupono dari Gerindra, Margareth Siahay dari Golkar dan Johan Van Capelle dari Perindo. Di Dapil ini, Yusuf Wally dari PKS juga bakalan tak kembali menduduki kursi DPRD Kota Ambon karena ia mencalonkan diri sebagai caleg DPRD Provinsi Maluku, sementara perolehan belum bisa memastikan dirinya lolos ke legislatif provinsi.

Dapil Ambon III, mereka yang juga hampir pasti gugur adalah Jhony Mainake dari NasDem, Ary Sahertian dari PKB. Sama seperti Yusuf Wally, Sahertian juga mencalonkan diri sebagai caleg DPRD Provinsi Maluku. Sementara itu, di dapil ini, sementara antara Gerald Mailoa dan James Maatita dari PDIP masih saling klaim antara terpilih atau tidak.

Untuk Dapil Ambon IV, mereka yang hampir pasti tumbang adalah Obeth Soissa dari Demokrat, Ricky Helaha dari Hanura) dam Jafry Taihitu dari PDI-P. Di dapil ini, petahana Saidna Bin Tahir dari PKS juga mencalonkan diri sebagai caleg DPRD Provinsi Maluku dan seperti Yusuf Wally ia belum bisa memastikan dirinya lolos.

Untiknya, dari 16 caleg incumbent yang berpotensi gagal, ada empat caleg senior yang telah menduduki kursi DPRD Kota Ambon hingga tiga periode.

Merema masing-masing adalah, Rustam Latupono yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Ambon dari Dapil Ambon II, Obeth Soissa yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrat Dapil Ambon IV, Jafry Taihitu yang saat ini menjabat Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon asal Dapil Ambon IV dan Keempat, James Maatita yang saat ini menjabat Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Ambon jika suara Gerald Mailoa melampauinya. (NAM)

  • Bagikan