Program RPL Unifa Gelar Yudisium Magister Gelombang Pertama

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — MAKASSAR, — Universitas Fajar (Unifa) yang telah membuka program kuliah singkat lewat jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) sejak 2022 lalu, menggelar yudisium gelombang pertama. Sebanyak 19 mahasiswa S2 resmi menyandang gelar magister.

Mahasiswa yang diyudisium pada Sabtu, 27 Januari 2024 tersebut telah menjalani kuliah secara online dan tatap muka, plus membuat tugas akhir (tesis) selama lebih kurang setahun. Mereka mengambil Program Magister Ilmu Komunikasi dan Ilmu Manajemen.

Adapun mahasiswa program RPL Unifa angkatan pertama sebanyak 168 orang. Terbagi Program Studi Ilmu Komunikasi 109 orang dan Program Studi Manajemen 59 orang. Mereka berasal dari berbagai latar belakang. Ada wakil bupati, ketua dprd, sekretaris daerah, kepala dinas, ombudsman, pimpinan media, dan profesi lainnya. Mahasiswa RPL itu juga datang dari berbagai daerah. Tak hanya Sulsel, tetapi juga ada dari Papua, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Maluku, dan Sulbar.

Prosesi yudisium atau pengesahan gelar akademik S2 tersebut dilakukan Dekan Pascarsarjana Unifa, Mujahid Yunus didampingi wakil dekan dan juga Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Pascasarjana dan Ketua Prodi Manajemen. Menurut Mujahid, setelah yudisium ini maka mahasiswa berhak menyandang gelar magister.

“Jadi sudah bisa ditambahkan gelar di belakang namanya. Walaupun kuliahnya terbilang singkat, namun kami jamin kualitas lulusan program RPL ini tetap baik dan ilmunya dapat diterapkan di dunia pendidikan maupun dunia kerja,” papar Mujahid.

Program RPL type A Unifa ini adalah program bantuan pemerintah untuk masyarakat ingin melanjutkan studi,
dengan menukarkan pengalaman kerja/sertifikat pelatihan yang diperoleh secara formal maupun non formal untuk dikonversi menjadi Satuan Kredit Semester (SKS). Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Pascasarjana Unifa, Vita Sukmarini menjelaskan, khusus program magister, maka calon mahasiswa dapat diakui pengalaman tersebut sampai 24 SKS atau setara dengan 8 mata kuliah.

“Dengan demikian, maka calon mahasiswa program RPL dapat menyelesaikan studinya dalam 1-2 semester dari waktu normal 4 semester. Intinya kuliah singkat tetapi ilmu padat,” ujar Vita.

RPL sendiri merupakan pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu. Itu melalui asesmen, pencapaian pembelajaran yang diperoleh dari pengalaman kerja dan pelatihan bersertifikasi ditetapkan menjadi raihan SKS dalam bentuk mata kuliah.

Saat ini, Unifa kembali membuka pendaftaran program RPL S1 dan S2 Semester Genap 2023/2024. Pendaftaran pada 2 Januari hingga 20 Februari 2024. Kuliah perdana sendiri direncanakan pada Maret 2024 mendatang. (*)

  • Bagikan