PLN Lakukan Pemeliharaan Infrastruktur Kelistrikan di Ambon

  • Bagikan
PLN UP3 Ambon melakukan pemeliharaan infrastruktur kelistrikan secara serempak di 8 titik atau lokasi strategis. IST

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon melaksanakan pemeliharaan infrastruktur kelistrikan secara serempak di 8 titik atau lokasi strategis.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menyatakan, pemeliharaan itu dilakukan guna meningkatkan pelayanan dan keandalan pasokan listrik di Pulau Ambon.

“Dalam prosesnya, petugas PLN bekerja dengan tanggap dalam melakukan pemeliharaan infrastruktur secara menyeluruh pada sistem kelistrikan UP3 Ambon. Upaya ini kita lakukan sudah pasti agar sistem kelistrikan tetap andal dan semata-mata untuk kepuasan pelanggan,” kata Awat, Selasa, 23 Januari 2024.

Sejumlah langkah pemeliharaan pun dilakukan petugas lapangan, yakni Jointing Kabel Penyulang Manusela di Lokasi Gardu Induk Sirimau. Pengerjaan jointing kabel bertujuan untuk meningkatkan daya tahan dan kinerja penyulang Manusela di Gardu Induk Sirimau.

Kemudian Penggantian Isolator Tarik pada End Pole PLTD Hative. Penggantian isolator tarik tentunya dapat memastikan keamanan dan kinerja optimal pada end pole PLTD Hative.

Selain itu, tim melakukan Pemeliharaan Gardu Hubung Rijali. Pemeliharaan rutin pada Gardu Hubung Rijali bertujuan untuk menjaga fungsi dan keandalan gardu tersebut. Penggantian Relay Gardu Hubung Rijali ataupun Upgrade relay pada Gardu Hubung Rijali untuk memperbaharui teknologi dan meningkatkan responsivitas sistem.

Sedangkan di kawasan Tantui Atas dan Kebun Cengkeh dilakukan pemindahan tiang, dimana pengerjaan ini merupakan optimalisasi posisi tiang guna mendukung efisiensi jaringan listrik.

Pemindahan SUTM dan jointing LBS pada Taman Makam diperuntukkan pada daya tahan dan keandalan sistem.

Tim juga melakukan Pemeliharaan Kubikel pada GI Sirimau demi memastikan kelancaran operasional dan ketersediaan daya.

Pemeliharaan ini dilakukan dengan tujuan utama yakni komitmen penyaluran listrik kepada masyarakat tetap berjalan dengan andal.

Sebagai bagian dari langkah-langkah keselamatan, Manager PLN UP3 Ambon, Maryudin Saleh, memberikan arahan khusus kepada setiap Penanggung Jawab Lokasi (PIC Lokasi) untuk mematuhi SOP pekerjaan, menyediakan peralatan dan material sesuai spesifikasi, serta menyiapkan semua dokumen K3 yang diperlukan.

“PLN UP3 Ambon berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan listrik demi kesejahteraan masyarakat Pulau Ambon. Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan pengertian dari seluruh pelanggan PLN. Semua ini dilakukan bukan untuk merugikan pelanggan,namun agar pelanggan dapat selalu menikmati listrik secara kontinyu,” pungkasnya.(CIK)

  • Bagikan