Polnam Gelar FGD Penguatan Ekosistem Kemitraan Pengembangan Potensi Daerah.

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Politeknik Negeri Ambon (Polnam) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) program Penguatan Ekosistem Kemitraan Pengembangan Potensi Daerah, di Hotel Marina, Kamis 17 Januari 2024.

Kegiatan atau program tersebut merupakan program yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kemudian dalam pembiayaannya itu dilibatkan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

“Kegiatan FGD ini merupakan kegiatan yang berkesinambungan kelanjutan dari kegiatan-kegiatan sebelumnya,” kata Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Polnam, dan juga Ketua Tim, Lenny Leuhery, kepada wartawan di ruang kerja, Rabu 17 Januari 2024.

Menurutnya, program tersebut merupakan program pemerintah mengkolaborasikan antara dunia pendidikan dalam hal ini pendidikan vokasi, industri dan dunia usaha.

Dalam kegiatan FGD, ada beberapa unsur yang punya peranan penting di pemerintah daerah khususnya di Provinsi Maluku yang nantinya dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan itu bertujuan untuk menggali potensi-potensi yang ada di daerah untuk pengembangan daerahnya dari semua sisi. Mulai dari potensi sumber daya, alamnya dan dan dihubungkan dengan sumber daya manusianya.

“Jadi kegiatan ini bertujuan bagaimana tenaga kerja di serap. Dari sumber daya manusia yang disiapkan oleh perguruan tinggi dalam bentuk lulusan itu bisa diserap di dunia industri dan dunia usaha,” jelasnya.

Dia mengakui, nanti dari akhir dari program ini akan dikeluarkan suatu komitmen atau kebijakan dari pemerintah untuk bagaimana mengembangkan daerah.

Di seluruh Indonesia program ini dijalankan, salah satunya di Provinsi Maluku.

Ada 20 tim untuk seluruh provinsi yang ada. Di Maluku itu ada dua perguruan tinggi jadi Politeknik Negeri Ambon sebagai perguruan tinggi pengampuh kemudian anggotanya itu Politeknik perikanan Negeri Tual.

“Kita itu dalam satu tim, kemudian tim itu berkolaborasi dengan pihak-pihak yang tadi disebutkan itu akhirnya akan menyebarkan atau mengeluarkan satu kebijakan oleh Pemda,” jelasnya.

Sebelumnya, Politeknik Negeri Ambon (Polnam) dan Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) menggelar Kick Off dan Diskusi Publik terkait Program Penguatan Ekosistem Kemitraan untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah di Provinsi Maluku,

Diketahui daftar undangan FDG yakni Pemerintah yaitu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Maluku, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku, Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku.

Dan juga ada Satuan Pendidikan Vokasi (SPV),Masyarakat dan komunitas Dunia Usaha dan Dunia Industri, dan media. (MON)

  • Bagikan