Anies Baswedan Tiba di Maluku

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Salah satu rangkaian agenda kampanye Calon Presiden (Capres) RI Nomor Urut 01, Anies Rasyid Baswedan, di Provinsi Maluku yaitu menyelenggarakan dialog bertajuk Desak Anies dengan membahas berbagai isu, di antaranya isu tentang Lumbung Ikan Nasional (LIN).

Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Provinsi Maluku Anies Rasyid Baswedan – A. Muhaimin Iskandar (AMIN), Rosita Usman, mengatakan, Desak Anies tersebut akan diikuti oleh seluruh Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Maluku, komunitas musik, nelayan dan petani, bertempat di Resort Baby Indah Beach, Desa Tial, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Senin, 15 Januari 2024, pagi.

“Pemilih pemula milenial, kaum muda, semua kita giring ke sana (Desa Tial). Mereka dapat menyampaikan aspirasi langsung kepada Calon Presiden (Anies Baswedan). Ada para nelayan juga yang nantinya perahu mereka akan diparkir di tengah laut, karena yang akan kita giring adalah Kemaritiman di Maluku terkait dengan isu LIN yang kenapa tidak jalan, dan isu-isu lain yang tengah dikemas oleh kawan-kawan OKP,” kata Rosita, dalam Jumat pers di lantai 6 Hotel Santika Ambon, Minggu, 14 Januari 2024.

Dia menjelaskan, berdasarkan rundown acara yang sudah final oleh TPD dengan Tim Pemenangan Nasional (Timnas) AMIN, isteri Capres Anies Baswedan yaitu Fery Farhati Baswedan akan tiba lebih dulu dengan penerbangan komersil Garuda di Bandara Pattimura Ambon pada Minggu, 14 Januari 2024, sekitar pukul 15.00 Wit.

“Pertama kita akan melakukan penjemputan terhadap ibu calon presiden (Fery Farhati) di Bandara Pattimura sekaligus ada kegiatan dengan para partai koalisi yang terdiri dari NasDem, PKB, PKS dan Partai Ummat, ada juga ibu-ibu dari Relawan Mak-Mak Anies (Manies),” jelas Rosita.

“Dan pada malam harinya, Capres 01 Anies Baswedan dan Timnas AMIN beserta rombongan tiba di Bandara Pattimura yang juga dijemput oleh partai koalisi, TPD Maluku AMIN dan relawan Anies. Tentu kita akan menyesuaikan waktu dari wilayah sebelumnya, yaitu Lampung. Tapi diperkirakan tiba sekitar pukul sembilan malam,” tambahnya.

Menurut Rosita, agenda AMIN di Provinsi Maluku akan dimulai dengan Salat Subuh berjamaah di Masjid An-Nur Negeri Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, pada Senin, 15 Januari, dini hari.

“Ini sesuai permintaan dari Calon Presiden Bapak Anies sekaligus sarapan pagi bersama masyarakat di seputaran Masjid An-Nur Batumerah. Setelah itu, Capres Anies Baswedan bertolak ke Desa Tial untuk melaksanakan agenda Desak Anies,” terangnya.

Setelah mendengar aspirasi dari masyarakat melalui dialog Desak Anies tersebut, kata Rosita, Capres 01 akan melanjutkan agenda silaturahmi bersama akademisi, para tokoh agama dan tokoh masyarakat bertempat di Gedung Xaverius Ambon.

“Tema dari agenda silaturahmi tersebut adalah Temu Kebangsaan. Jadi nanti ada dialog juga bagaimana kondisi Maluku hari ini terkait dengan isu-isu yang terjadi di Maluku yang akan disampaikan langsung kepada Calon Presiden Anies,” ucapnya.

Dikatakan Rosita, agenda yang terakhir yaitu kampanye terbatas yang diikuti oleh seluruh partai koalisi dan semua relawan serta simpatisan dari paslon AMIN, bertempat di Gedung Islamic Center Ambon, dengan jumlah tampung gedung sekitar 5.000 – 7.000 orang.

“Sebelum masuk ke agenda kampanye terbatas, Pak Anies akan melakukan Salat Dzuhur berjamaah di Masjid Raya Al Fatah. Setelah semua selesai, Pak Anies kembali ke bandara untuk meneruskan perjalanan beliau ke daerah lainnya,” paparnya.

Ditanya soal tingkat kemenangan paslon AMIN di Provinsi Maluku, Rosita mengaku optimis 60 sampai dengan 70 persen.
Hal tersebut berdasarkan hasil survei internal serta tingginya antusias masyarakat saat kedatangan paslon AMIN ke daerah-daerah.

“Yang pasti kita siap memenangkan paslon AMIN dan kita optimis sekitar 60-70 persen kita menang di Maluku. Karena kita juga punya survei internal yang tidak kita publikasikan. Dan tiga partai ini punya kekuatan besar,” pungkasnya. (RIO)

  • Bagikan