804 Mahasiswa Polnam Diwisudai, Direktur: Para Lulusan Harus Agile

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Sebanyak 804 mahasiswa Politeknik Negeri Ambon (Polnam) diwisudai pada Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Politeknik Negeri Ambon dalam rangka Wisuda XVIII Program Studi Diploma III dan Sarjana Terapan Polnam di Ruang Auditorium Polnam, Kamis, 28 Desember 2023.

Direktur Polnam, Dady Mairuhu dalam sambutannya mengatakan, lulusan Politeknik Negeri Ambon harus
menjadi lulusan yang agile (ejail). Lulusan yang mampu berpikir cepat dan cerdas.
Ketika terjadi perubahan pada lingkungan pekerjaan, lulusan mampu merespons
dengan perubahan skil dan kemampuan bekerja sesuai kebutuhan.

“Sebenarnya saat ini istilah baru ini sedang ‘naik daun’ terkait dengan lulusan yang adaptif ini, yaitu lulusan yang “agile” (baca: ejail). Agile (ejail) – menurut kamus Oxford adalah kemampuan untuk bergerak dengan cepat dan mudah atau bisa juga disebut sebagai kemampuan untuk berpikir dengan cara yang cepat dan cerdas. Kemampuan yang agile (ejail) menunjukkan cara bekerja yang dapat diubah sesuai kebutuhan, baik itu waktu, tempat kerja,
maupun peran yang dijalankan,” ujar Dady.

Kata direktur, pekerjaan di masa yang akan datang tidak bisa lagi diprediksi.
Perkembangan teknologi dan informasi saat ini kemungkinan akan membuat banyak pekerjaan tidak lagi dibutuhkan atau banyak juga pekerjaan yang berubah.

“Lulusan yang agile (ejail) merupakan salah satu pilar keberhasilan dalam persaingan global. Perkembangan teknologi dan informasi saat ini membuat semua orang dari seluruh dunia dapat bersaing untuk mendapatkan pekerjaan tertentu,” tegasnya.

Direktur juga menjelaskan perihal tema wisuda kali ini yaitu, “Transformasi Politeknik Negeri Ambon dalam menyiapkan lulusan yang adaptif dan berdaya global”.

“Ada 2 hal yang sangat penting dalam tema ini yakni,
transformasi dan lulusan yang adaptif dan berdaya saing global,” imbuh direktur.

Disamping itu mewakili gubernur, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Maluku, Habiba Saimima dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada orang tua dan seluruh wisudawan dan wisudawati.

“Semoga momentum wisuda ini dapat dijadikan sebagai langkah awal bagi para wisudawan untuk memasuki dunia pengabdian yang lebih nyata. Jangan ada yang menganggur, itu yang sangat kita harapkan kedepan para lulusan harus terus berkarya,” harapnya.

Pesan lain yakni agar wisuda kali ini dapat menghasilkan para lulusan yang handal, berkualitas, kreatif, dan inovatif guna membangun Maluku ke arah yang lebih baik lagi.

“Para lulusan harus memiliki kemampuan dan ketrampilan yang memadai komunikasi yang handal baik di tingkat lokal, nasional bahkan di tingkat global,” pungkas Habiba. (SSL)

  • Bagikan