Kabar Gembira! UT Luncurkan Prodi S1 Pendidikan Agama Islam dan S1 Perpajakan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Kabar gembira! Universitas Terbuka (UT) segera meluncurkan program studi baru diantaranya, S1 Pendidikan Agama Islam dan S1 Perpajakan.

Seiring dengan perubahan status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), maka Universitas Terbuka (UT) memiliki lebih banyak flesibilitas untuk membuka Program Studi (Prodi) baru.

Beberapa Prodi baru akan segera dibuka oleh UT untuk merespons permintaan masyarakat dan para pemangku kepentingan. Di antara Prodi yang akan dibuka adalah S1 Perpajakan, S1 Pendidikan Agama Islam (PAI), dan S1 Sains Data.

Menurut Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori, dalam rilis tertulisnya, Kamis (21/12/2023), ketiga Prodi baru tersebut akan dibuka mulai bulan Januari 2024.

“UT terus berupaya memberikan layanan terbaik dan menjangkau semua lapisan masyarakat. Pembukaan tiga Prodi baru tersebut adalah untuk merespons permintaan pasar. Khusus Prodi Perpajakan sebelumnya kami sudah memiliki jenjang Diploma, dan kita sekarang buka jenjang S1 karena juga merespons permintaan dari Direktorat Jenderal Pajak yang sudah lama bekerjasama dengan UT,” ucap Yuli.

Ditambahkan Yuli, pada tahun 2024 tidak hanya tiga Prodi tersebut yang dihadirkan UT untuk memberikan layanan pendidikan tinggi berkualitas bagi masyarakat. Pada bulan Mei 2024, UT kembali membuka Prodi lainnya untuk jenjang Magister yaitu S2 Ilmu Hukum dan S2 Pendidikan Anak Usia Dini. “Lalu sebagai pamungkas, pada bulan Desember 2024, UT akan membuka S2 Komunikasi dan S2 Akuntansi,” imbuhnya.

Saat ini, di UT sendiri terdapat 43 Prodi mulai jenjang Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktoral. Untuk informasi tambahan, saat ini UT Ambon telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program Sarjana dan Diploma Semester 2023/2024 Genap hingga tanggal 20 Februari 2024 untuk jalur umum (lulusan SLTA Sederajat termasuk berijazah Paket C).

Sedangkan untuk jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) atau yang biasa dikenal dengan istilah Alih Kredit, proses Admisi dibuka hingga 31 Januari 2024.

Berbagai Program Studi tersebar di berbagai fakultas seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), serta Sekolah Pascasarjana.

Info lebih lanjut terkait Program Studi di UT Ambon bisa disimak di laman ambon.ut.ac.id sedangkan pendaftaran bagi calon mahasiswa bisa secara online melalui laman admisi-sia.ut.ac.id, juga bisa datang langsung ke Kantor UT Ambon di Jl. Wolter Monginsidi, Lateri, Kecamatan. Baguala Kota Ambon, ataupun melalui Pengurus Kelompok Belajar yang tersebar di 11 kabupaten/kota se-Maluku. (SSL)

  • Bagikan