Jelang Hari Nusantara 2023:PLN UIW MMU Siagakan Pasukan dan Pasokan Listrik yang Andal

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui Unit Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan (UP3) Ternate memastikan pasokan energi listrik pada gelaran nasional Hari Nusantara 2023 aman dan andal.

Diketahui Hari Nusantara 2023 ini akan dilangsungkan selama empat hari, yakni 10 hingga 13 Desember 2023.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula mengatakan, pagelaran nasional ini menjadi tanggung jawab bersama. Di tingkat daerah, PLN UIW MMU telah mempersiapkan sedari jauh dukungan pasokan energi listrik yang mumpuni agar pagelaran tersebut langsung lancar dan sukses tanpa kedip.

“Kami telah instruksikan ke UP3 Ternate untuk mengerahkan pasukan dan fasilitas pendukung kelistrikan, agar saat pelaksanaannya tidak ada gangguan,” kata Awat, Sabtu 9 Desember 2023.

Sejalan dengan hal itu, Manager UP3 Ternate, Kurniawan Fitrianto menyebutkan, terdapat beberapa posko siaga yang telah disiapkan di sejumlah titik. Posko-posko siaga ini tersebar di Tidore dan Ternate. Fasilitas kelistrikan, baik itu di lokasi kegiatan maupun Unit Pembangkit, Control Center, Gardu Induk, Gardu Hubung dan Sistem Pendukungnya, seperti Uninterruptible Power Supply (UPS) dan Genset telah standby.

Total 216 personel diterjunkan, bersamaan dengan 7 unit Genset dengan kapasitas masing-masing 10 kW, 40 kW, 100 kW dan 250 kW.

Kondisi kelistrikan Posko Siaga Ternate dan Tidore diprediksi aman dalam menyambut perhelatan Event Nasional Hari Nusantara Tahun 2023,” tambah Kurniawan.

PLN UP3 Ternate telah menyiapkan keandalan pasokan listrik dengan melakukan asesmen dan pemeliharaan preventif pada instalasi ketenagalistrikan di sisi Pembangkit dan Distribusi.

Setiap unit operasional juga telah disiapkan posko siaga yang dilengkapi dengan personiel, perlengkapan pasokan backup, peralatan kerja, SOP dan basic communication.

Pengamanan total dilakukan mulai tanggal 9-14 Desember 2023 dan dilakukan pembatasan terhadap pekerjaan yang berpotensi menimbulkan pemadaman kecuali kondisi yang sifatnya emergency.

PLN akan terus berusaha menyiagakan pasokan listrik pada lokasi acara dengan menjalankan protokol sesuai standar Apel Siaga PLN.
Diharapkan pada saat acara nanti tidak ada kendala terkait dengan suplai listrik yang menjadi kebutuhan primer event tersebut.(CIK)

  • Bagikan