Distribusi Surat Suara Aman

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Logistik pemilu jenis surat suara telah didistribusikan ke beberapa kabupaten/kota di Maluku. Diantaranya Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Seram Bagian Barat (SBB), Buru, Buru Selatan (Buru), Kota Tual dan Maluku Tenggara (Malra).

Sementara Jumat 8 Desember 2023 distribusi surat suara juga ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Kepulauan Aru melalui Pelabuhan Yos Sudarso Kota Tual

Koordinator Devisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Maluku, Abdul Khalil Tianotak mengatakan surat suara sudah diterima sejumlah KPU di daerah. Tapi soal kendala yang dialami belum ada laporan.

“Kita sudah distribusi logistik pemilu jenis surat suara ke sejumlah Kabupaten/kota. B waaik saat pendistribusian, jumlah, dan berapa yang rusak dan tidak, itu belum ada laporan ke kami,” kata Khalil Tianotak kepada wartawan di Ambon, Minggu 10 Desember 2023.

Kata Khalil Tianotak, pada saat surat suara tiba di gudang logistik, biasanya logistik tersebut akan dihitung. Jika jumlah yang diterima tidak sesuai dengan manifesto, maka akan dilaporkan ke KPU.

Dari laporan tersebur, kemudian KPU ditindaklanjuti ke perusahaan pencetakan untuk dapat ditambahkan.

“Begitu juga kalau ada yang rusak, maka perusahaan pencetakan wajib untuk menggantinya,” ujarnya.

Dia mengakui, bisa saja, laporan terkait kendala belum disampaikan mengingat sebagian KPU di daerah juga belum melakukan pelipatan surat suara.

“Kebanyakan ini diketahui setelah dilakukan pelipatan surat suara. Tapi kami harap jangan ada yang rusak,” harapnya

Ditambahkan, surat suara yang sampai ke KPU kabupaten/kota merupakan surat suara untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sementara DPD dan Capres belum. (MON)

  • Bagikan