Dibangun Baharudin Djafar, Diresmikan Lotharia Latif

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Markas Kepolisian Daerah Maluku (Mapolda) akhirnya diresmikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Sabtu, 9 Desember 2023.

Mapolda ini berada di Jalan Sultan Hasanudin, Kelurahan Pandan Kasturi, Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Kedatangan pimpinan Polri dan TNI ini disambut Kapolda Irjen Pol Lotharia Latif di pintu gerbang.

Saat memasuki halaman Polda, Kapolri dan Panglima TNI mendapat jajar hormat serta bersalaman dengan para pimpinan TNI dan Polri di Maluku.

Rombongan kemudian berjalan menuju Gedung Plaza Presisi Manise Polda Maluku sambil diiringi drumband gabungan dari TNI Polri.

Di gedung serbaguna milik Polda Maluku yang baru dibangun tersebut, Kapolri kemudian melakukan peresmian dan penandatangan batu prasasti, termasuk juga untuk Markas Polda Maluku.

Setelah penandatanganan batu prasasti, Kapolri dan Panglima TNI kemudian menuju Mapolda untuk diresmikan. Peresmian ditandatai dengan pengguntingan pita oleh Kapolri dan Panglima TNI yang didampingi Kapolda Maluku dan Pangdam XVI/Pattimura.

Usai melaksanakan pengguntingan pita, Kapolri dan Panglima TNI selanjutnya menulis pesan dan kesan.

“Bapak Kapolri sudah meresmikan gedung Plaza Presisi Manise dan Markas Polda Maluku yang baru,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M Rum Ohoirat.

Kapolri dan Panglima yang didampingi Kapolda dan Pangdam Pattimura Mayjen TNI Syafrial, beserta rombongan kemudian meninjau Posko Operasi Mantap Brata Salawaku yang berada di lantai 4 Markas Polda Maluku.

“Bapak Kapolri dan Bapak Panglima tadi juga meninjau Posko Operasi Mantap Brata yang berada di lantai 4 Kantor Polda Maluku,” tambahnya.

Mapolda Maluku dibangun di atas tanah seluas lima hektare. Pembangunan sendiri direncanakan oleh Murad Ismail yang saat itu menjadi Kapolda. Namun, seiring waktu berjalan, MI ditarik ke Mabes dan jadi Dankor Brimob.

Setelah Polda dipimpin Irjen Pol (Purn) Baharudin Djafar, Mapolda pun dibangun. Pemancangan tiang pertama dilakukan pada Jumat, 18 September 2020.

Pencanangan juga dihadiri Gubernur Maluku Murad Ismail. Pada bulan Juli 2022, aktivitas di Mapolda mulai berjalan. Dan di bawah kepemimpinan Irjen Pol Lotharia Latif, Mapolda pun diresmikan. Bahkan bukan saja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Pabowo, tapi Panglima TNI juga meresmikannya. (AAN)

  • Bagikan