PLN UIW MMU Boyong Penghargaan ISDA 2023 Kategori Gold

  • Bagikan

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara memperoleh penghargaan Indonesian Sustainable Development Goals Awards (ISDA) 2023. Diketahui acara penghargaan yang digelar Corporate Forum for CSR Development (CFCD) ini melibatkan 100 lebih perusahaan dan 14 orang untuk kategori perorangan.

PLN UIW MMU sendiri memboyong ISDA 2023 untuk Kategori Gold.
Adapun penghargaan itu diterima atas kontribusi PLN UIW MMU dalam Peningkatan Peluang Usaha dan Kerja bagi Masyarakat dengan mengembangkan kelompok Usaha Kecil dan Menegah (UKM) Desa Rutah, di Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menuturkan, SDGs bukan tugas pemerintah saja, tapi tugas dan upaya kolektif dari berbagai pihak untuk menyelamatkan bumi. PLN UIW MMU hadir dengan penerapan electrifying lifestyle bagi UKM yang bergerak di berbagai bidang usaha. Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN, masyarakat dapat menerapkan gaya hidup serba listrik, yang memudahkan mereka untuk menjalankan bisnisnya.

“Kami menjadikan UKM Desa Rutah sebagai salah satu contoh UKM yang konsep dan praktek bisnisnya berkelanjutan. Bisa dilihat dari pendapatan yang mereka terima sejak mendapat bantuan peralatan serba listrik yang disalurkan PLN selama satu tahun terakhir ini,” tutur Awat, Selasa, 5 Desember 2023.

Kata Awat, komitmen PLN menjalankan TJSL tentu mengacu pada pencapaian SDGs.

Program TJSL PLN mencakup berbagai sektor, dengan program prioritas seperti pemanfaatan sampah menjadi energy (Co-Firing), pemanfaatan Fly-Ash-Bottom-Ash (FABA), dan Electrifying Agriculture/Lifestyle.

“Selain menjaga lingkungan, kami juga mendukung ekonomi masyarakat yang sejalan dengan bisnis perusahaan. Sebab, kami tak hanya menjalankan bisnis semata, tapi juga berkontribusi bagi masyarakat dan lingkungan,” sebutnya.

Adapun penghargaan ini didedikasikan kepada seluruh petugas PLN UIW MMU yang telah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
“Ini merupakan pencapaian kita bersama. Terimakasih atas penghargaan ini. Mari bekerja dengan hati, terus berkontribusi untuk negeri dengan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya.

Diharapkan bahwa setiap perusahaan seharusnya dapat memaksimalkan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bergerak melalui core bisnis masing2 perusahaan, karena dalam mewujudkan SDGs yang terbagi dalam 17 kategori ini, tentunya perlu dukungan berbagai pihak, seperti Perusahaan, Organisasi, maupun masyarakat luas dimana mempunyai tujuan yang sama dalam menyelamatkan bumi. Sejatinya, program CSR ini semata2 bukan hanya mengenai charity saja, melainkan lebih kepada creating value dan juga culture.(CIK)

  • Bagikan