DPRD Usul 3 Nama Calon Pj. Gubernur Maluku, Rektor IAIN Urutan Pertama

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, AMBON, — Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si mendulang suara terbanyak dalam pemilihan Calon Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, yang dihelat pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Maluku, di Karang Panjang, Kota Ambon, Rabu, 29 November 2023.

Pemilihan berlangsung dua putaran untuk Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si dan Mayjen TNI Dominggus Pakel. Pasalnya, pada pemilihan pertama, baik Prof. Zainal maupun Pakel, masing-masing mengkantongi 31 suara. Disusul H. Jufri Rahman dengan 29 suara, mantan Rektor Unpatti Ambon, Prof. Dr. M.J. Saptenno 7 suara, dan mantan Wakil Walikota Ambon, Olivia Chadidjah Salampessy, 6 suara.

Sesuai Tata Cara Pemilihan Calon Penjabat Gubernur Maluku tahun 2023 poin 6. Apabila dalam perhitungan suara terdapat jumlah yang sama, maka akan dilakukan pemilihan ulang pada usara yang sama.

Berlandasarkan Tata Cara Pemilihan itu, maka pimpinan dan anggota DPRD Maluku kembali melakukan pemilihan dengan hasil; Prof. Zainal Abidin Rahawarin memperoleh suara 21, dan Mayjen TNI Dominggus Pakel mendapatkan 19 suara, dengan abstain 1 suara.

Sesuai hasil pemilihan itu, maka Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si ditetapkan menempati ranking pertama dengan suara terbanyak, disusul Mayjen TNI AD Dominggus Abraham Pakel, dan Drs. H. Jufri Rahmah M.Si.

Ketua DPRD Maluku Benhur E. Watubun, saat membaca berita acara hasil pemilihan dan perolehan suara menyebutkan, setelah mengetahui hasil pemilihan ini, maka DPRD selanjutnya akan mengusulkan tiga nama yang sesuai urutan perolehan suara terbanyak 1, 2 dan 3 kepada Menteri Dalam Negeri.

“Dengan hasil ini maka, rangking pertama Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, kemudian Mayjen TNI AD Dominggus Abraham Pakel, dan Drs. H. Jufri Rahmah M.Si peringkat ke tiga. Kita berharap, semoga satu di antara ketiga orang ini akan ditetapkan menjadi Pj. Gubernur Maluku nanti,” harap Benhur menutup sidang. (SSL)

  • Bagikan