UT Ambon Raih 9 Rekor Muri

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Universitas Terbuka (UT) berhasil meraih 9 rekor Museum Rekor Indonesia (MuRI) selama kurun waktu tiga tahun terhitung semenjak tahun 2021 hingga 2023.

Rekor yang diraih yakni, menjadi Perguruan Tinggi dengan Tempat Ujian di Negara Terbanyak, Perguruan Tinggi dengan Ujian Online Terbanyak, Perguruan Tinggi dengan Penjualan Bahan Ajar Terbanyak, Perguruan Tinggi Negeri dengan Mahasiswa Terbanyak, Perguruan Tinggi Negeri dengan Penerimaan Mahasiswa Baru Terbanyak, Perguruan Tinggi Negeri dengan Kelas Virtual Terbanyak, Perguruan Tinggi dengan Lulusan Terbanyak yang Lulus Seleksi CPNS Formasi 2019, Perguruan Tinggi dengan Jangkauan Layanan Terluas, dan Perguruan Tinggi dengan Alumni Terbanyak.

Saat bincang bersama Rakyat Maluku saat podcast Senin, 06 November 2023, Direktur Universitas Terbuka (UT) Ambon, Yuli Tirtariandi El Anshori mengungkapkan, dengan capaian rekor MuRI merupakan sebuah prestasi yang ditorehkan UT Ambon bersama 11.000 alumninya.

Menurutnya, dari 2 juta lebih alumni yang mencatatkan rekor tersebut, sekitar 11.000 orang ada di Provinsi Maluku. Bahkan, mereka sudah tersebar di berbagai segmen lapisan masyarakat dengan beragam profesi.

“Pasti diantara mereka juga banyak yang tidak hanya tinggal di perkotaan, ada yang tinggal di daerah-daerah 3T di Maluku. Mereka mengabdi bekerja di daerah tersebut,” ujar Yuli, yang didampingi mahasiswa semester 1 Ilmu Hukum Anggelino Charol Lakusa.

Ia berharap, para alumni nanti bisa berkontribusi untuk membantu mengentaskan dan mengurangi angka kemiskinan di Maluku.

Dari 1,8 juta penduduk Maluku saat ini, kurang lebih 300.000 orang itu masih berada di bawah angka kemiskinan, dengan kiprah alumni UT, baik mereka yang merupakan ASN ataupun mereka yang bukan ASN kiranya bisa membantu sesuai bidang pekerjaan masing-masing agar angka kemiskinan di Maluku berkurang.

“Kemudian para alumni yang tersebar di Maluku bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru. Dan tentunya capaian yang sebanyak 9 Rekor muri selama 3 tahun sejak 2021-2023 membawa implikasi bahwa UT harus terus berinovasi, berkreasi, mempertahankan capaian prestasi yang sudah didapat, bahkan kalau bisa meningkatkan pencapaian yang sudah didapat,” tegasnya.

Selain itu, salah satu rekor yang diraih adalah, jumlah kelas perkuliahan secara online atau virtual, terkait hal ini Direktur UT Ambon berharap kelas tersebut semakin banyak kedepan khususnya di Maluku. “Bagi saudara-saudara yang ada di daerah 3T, kan mereka tidak bisa menjangkau pendidikan konvensional, tetapi mereka bisa meningkatkan kompetensinya, kualifikasinya dengan mengikuti pendidikan yang menggunakan metode jarak jauh,” harapnya.

Tentu, kata dia, perlu juga ada dukungan dari pihak-pihak terkait, sebab diyakininya UT tentunya tidak bisa bergerak sendiri jika tidak dibantu dengan berbagai kebijakan atau kolaborasi dengan pihak lain.

Untuk diketahui berikut pencapaian rekor muri UT selama tahun 2021-2023.

  1. Perguruan Tinggi dengan Tempat Ujian di Negara Terbanyak
  2. Perguruan Tinggi dengan Ujian Online Terbanyak
  3. Perguruan Tinggi dengan Penjualan Bahan Ajar Terbanyak
  4. Perguruan Tinggi Negeri dengan Mahasiswa Terbanyak
  5. Perguruan Tinggi Negeri dengan Penerimaan Mahasiswa Baru Terbanyak
  6. Perguruan Tinggi Negeri dengan Kelas Virtual Terbanyak
  7. Perguruan Tinggi dengan Lulusan Terbanyak yang Lulus Seleksi CPNS Formasi 2019
  8. Perguruan Tinggi dengan Jangkauan Layanan Terluas
  9. Perguruan Tinggi dengan Alumni Terbanyak. (SSL)
  • Bagikan