Ikatan Guru Indonesia (IGI) Maluku berhasil mendominasi ajang Apresiasi GTK Balai Guru Penggerak (BGP) Maluku 2023.

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Sebanyak 8 pengurus IGI tediri dari guru dan kepala sekolah berhasil meraih penghargaan dari berbagai kategori dalam ajang apresiasi GTK Balai Guru Penggerak Maluku 2023.
Acara ini digelar menyambut peringatan Hari Guru Nasional 2023, dengan tema “Bergerak bersama Rayakan Merdeka Belajar” bertempat di Golden Palace Hotel, Ambon. 3 November 2023.
Apresiasi guru dan tenaga kependidikan yang dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia digelar oleh masing-masing Balai Guru Penggerak dan Balai Besar Guru Penggerak (BGP/BBGP) di setiap Provinsi yang menjaring para guru dan tenaga kependidikan pada setiap kategori, kemudian akan mewakili provinsi Maluku ke tingkat Nasional.
Dalam kategori kepala sekolah inovatif, Nurdin Ahmad, Wakil Ketua V PP IGI Pusat yang juga menjabat sebagai kepala sekolah SMP Negeri 34 Maluku Tengah, Banda Naira, berhasil meraih terbaik I, Sedangkan dalam ketegori lainnya Sekretaris IGI Provinsi Maluku yang juga koordinator Guru Penggerak Provinsi Maluku, berhasil meraih terbaik 1 dalam bidang inovatif, di posisi ke dua diraih oleh Amirudin Wabula, Dewan Pembina IGI Maluku Tengah, dan masih dikategori yang sama terbaik III drain oleh pak Rizal, guru SD Negeri 90 Wayame, kota Ambon.
Pada kategori kepala sekolah Dedikatif diraih oleh Azwar Anas, Pengurus IGI Kabupaten Seram Bagian Timur yang menjadi kepala sekolah pada SMA Persiapan Tamher Warat, Kabupaten Seram Bagian Timur. Sedangkan pada kategori guru inovatif pembimbing khusus, diberikan apresiasi kepada Mr.Idham Tehuayo, Wakil Ketua LP2KG (Lembaga Pelatihan Peningkatan Kualitas Guru) IGI Maluku, yang juga menjabat sebagai guru pada SMA Negeri 21 Maluku Tengah.
Di Tingkat Menengah SMA kategori guru inovatif SMA, Terbaik II diraih oleh Khoiratun Nisak, guru SMA Negeri 6 Kabupaten Seram Bagian Timur, yang juga pengurus wilayah IGI Provinsi Maluku. Sedangkan terbaik III ditempati oleh Martina Wulandari, Ketua IGI Kabupaten Maluku Tenggara sekaligus sebagai guru pada SMA Negeri 3 Maluku Tenggara.
Kepala BGP Maluku, Dr. Lamansur, mengapresiasi keberhasilan para guru dan tenaga pendidik IGI Maluku di ajang ini.
“Apresiasi ini merupakan bukti bahwa IGI Maluku sukses menjadi tempat berhimpun yang tepat bagi para guru, sehingga mampu memproduksi guru-guru produktif, inovatif dan berdedikasi bahkan lebih dari itu berbagai karya para guru IGI tidak saja lahir dari ajang apresiasi ini, tetapi sejak bergerak mandiri 5 tahun terakhir, terlihat penuh komitmen fokus membangun kompetensi guru terbaca memiliki dedikasi yang tinggi dalam memajukan pendidikan di Maluku,” kata Dr. Lamansur.
Ditambahkan juga bahwa Guru IGI tidak saja harus berkarya lewat ajang apresiasi tetapi selalu memberi manfaat bagi para guru di sekitarnya, rela berbagi ilmu dan praktik baik bagi kawan guru yang lain ujar Dr. Lamansur, di sela-sela pemberian apresiasi GTK BGP Maluku, di Golden Palace Hotel 3 November 2023.
para penerima apresiasi GTK dari IGI Maluku juga mengaku bangga atas pencapaian ini. Mereka berharap apresiasi ini menjadi karya pengabdian dan menjadi motivasi untuk terus berkarya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Maluku.

  • Bagikan