Kemendes Apresiasi Maluku Juara Umum API Awards

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Provinsi Maluku terpilih sebagai juara umum dalam malam puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards Tahun 2023, di Plaza Presisi Manise Kota Ambon, Rabu 1 November 2023 malam.

Torehan itu diperoleh setelah 12 destinasi wisata di Provinsi Maluku masuk dalam nominasi API 2023.
Di antaranya, kategori makanan tradisional, Sukong Latuhalat, Kota Ambon. Kategori promosi digital, Ngurbloat Smart Tourism, Maluku Tenggara. Ada pula kategori brand pariwisata, The Spice Island, Maluku. Kemudian kategori cendera mata yakni Kerang Jargaria, Kepulauan Aru.

Selanjutnya, kategori olahraga petualangan, nominasi Namrinat Green Adventure, Kabupaten Buru Selatan (Bursel). Kategori wisata air, Laha Muck Diving, Ambon, serta kategori Ekowisata, Mangrove Sanleko, Buru.

Kategori dataran tinggi diraih Taman Meditasi Kukmomor, Kisar, Maluku Barat Daya (MBD). Kategori situs sejarah jatuh kepada Situs Kapitan Joncker De Manipa, Seram Bagian Barat (SBB) dan atraksi budaya, Tari Ambareas, Seram Bagian Timur (SBT). Terakhir kategori Surga tersembunyi jatuh kepada Pantai Meatimarang di Kabupaten MBD.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kementerian Pembangunan Desa dan Perdesaan (PDP), Sugito dalam sambutannya mengapresiasi pagelaran API Awards yang ke-8 di Kota Manise ini.

“Kami apresiasi kegiatan hari ini. Ini membuktikan lembaga non government memiliki komitmen untuk pengembangan pariwisata. Indonesia memiliki lebih dari 714 suku dan lebih dari 1000 bahasa daerah, lebih dari 8 situs warisan dunia, saya yakin dapat menjadi potensi wisata yang dapat dikembangkan baik alam, budaya, maupun buatan,” ujar Sugito.

Kita baru saja melewati pandemi covid 19 kata dia, sektor pariwisata sangat terdampak. Disisi lain pasca covid mengajarkan semua sektor untuk adaptasi dengan perubahan. Hari ini pariwisata menjadi sala satu bermetamorfosis dan orientasi kewisataan alam, selain itu desa wisata makin banyak.

“Maka dari itu mari terus mengembangkan wisata yang ada di Indonesia. Perkembangan inovasi yang kreatif dan inovatif, kemudian fasilitas wisata menjadi langkah strategis mendorong keamanan dan kenyamanan wisatawan.

Kelestarian dan kondisi kondusif harus diperhatikan dan memberi dampak di segala sektor dan memberi kesejahteraan pada masyarakat desa,” ajaknya.

Selain itu disampaikan, Kemendes berada dalam koridor untuk mendukung pembangunan masyarakat desa dan kebijakan pengembangan desa wisata dalam penggunaan dana desa (DD) dan peningkatan SDM serta SDA, dan pengembangan destinasi wisata.

Di lain sisi, Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Maluku, Marisca Kakialatu mengatakan, dari 12 destinasi wisata itu, Provinsi Maluku meraih juara satu pada lima kategori.

“Kita bersyukur karena dengan hasil dukungan dari masyarakat, di API Awards tahun ini kita bisa meraih juara umum, ” kata Marisca

Diungkapkan, ini kali pertama Provinsi Maluku menjadi juara umum pada ajang API Awards. Tentu itu menjadi prestasi yang sangat membanggakan.

“Dan ini baru kami rasakan. Ya, tentu suatu prestasi yang sangat membanggakan,” tuturnya
Marisca bilang, destinasi wisata yang masuk nominasi pada API tahub ini merupakan destinasi wisata baru yang baru di publikasikan.

Sehingga, ia berharap destinasi wisata tersebut dapat menjadi perhatian bagi pemerintah untuk semua sektor agar dikembangkan. (SSL)

  • Bagikan