Efek Ekor Jas Prabowo Untungkan Lewerissa

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Peneliti Politik dari Parameter Konsultindo Edison Lapalo menilai efek ‘Ekor Jas’ dari pencapresan Prabowo sebagai Ketua Umum Partai Gerindra akan berpengaruh pada elektabilitas partai itu di pemilu 2024, khususnya untuk pemilihan legislatif di semua tingkatan, termasuk di Maluku.

Selain perpengaruh pada elektabilitas partai Gerindra, menurut dia akan ikut bepengaruh pada para calon legislatif terutama kepada Ketua DPD Partai Gerindra Maluku yang juga incumben DPR RI yang kini kembali mencalonkan diri dari Dapil Maluku ke Senayan.

”Jadi efek ekor jas ini otomatis akan terjadi, tidak ada rumus untuk memnafikan atau membantah itu, baik di Maluku di tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pusat, maupun di daerah lain,” kata Lapalelo saat dikonfirmasi Rakyat Maluku, Selasa, 31 Oktober 2023.

Menurut dia, dari empat orang incumben itu, pak Hendrik Lewerissa punya peluang yang besar karena Prabowo adalah Ketua Umum Partai Gerindra. Presentase efek ekor jas yang akan berpengaruh terhadap Hendrik Lewerissa bakalan berkisar di atas 50 persen.

”Pileg dan Pilpres ini segaris. ketika orang pilih prabowo, pasti pertama mereka mengingat Partai Gerindra, barulah unsur lain, mislanya saudaranya atau faktor lain. Ini berlaku bagi masyarakat umum yang bukan simpatisan atau kader partai lain,” ujarnya.

Hanya saja, lanjut dia, agar Lewerissa bisa kembali lolos, hal ini tergantung juga dari dukungan suara calon DPR RI lain yang mendampingi Hendrik, karena efek ekor jas Pilpres bakal tidak menggunting suara kader, pengurus dan simpatisan partai lain, apa lagi seperti Golkar, Demokrat, PAN dan PBB yang ikut mendukun Prabowo. Hanya bisa berpengaruh pada masyarakat non partisipan atau pemilih dari kalangan umum yang tidak punya irisan dengan partai politik.

”Bisa jadi partai pendukung pak Prabowo, baik Golklar, Demokrat, PAN dan PBB yang justeru ikut mendapat efek ekor jas ini, jika tidak dieksplor dengan baik oleh caleg Gerindra,” sebut dia.

Terkait pengaruh ekor jas Prabowo terhadap para caleg partai gerindra lainnya di semua tingkatan, Lapalelo kembali menekakan bahwa hal itu tergantung juga bagaimana caleg itu mengekplor dirinya selain penilaian berperilaku baik oleh masyarakat.

”Nah inilah yang harus dibuktikan oleh para celeg Partai Gerindra di semua tingkatkan, apakah mereka mampu mengeksplor diri dengan baik sehingga dipilih oleh banyak orang ataukah tidak,” demikian Lapalelo. (NAM)

  • Bagikan