Mahfud MD Terima Gelar Adat Kehormatan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Bakal calon Wakil Presiden RI, Mahfud MD, menerima gelar kehormatan dari Majelis Latupati Kota Ambon di kantor Latupatty, Sabtu 28 Oktober 2023.

Mahfud MD, mendapat gelar adat pemimpin besar jujur dan berani pelindung masyarakat Maluku. Pemberian gelar adat ditandai dengan pemakaian baju, dan penyerahan tongkat komando.

Mahfud MD mengatakan, beberapa masalah di negeri-negeri sudah disampaikan secara lisan dalam dialog, sehingga nanti dipelajari dulu dokumen.

“Ada yang menyampaikan soal tapal batas, langkah kongkrik itu dilihat dulu dokumennya, tidak bisa diputuskan kita harus tahu dulu,” kata Mahfud MD.

Menurutnya, masukan tersebut harus menjadi perhatian pemerintah, siapapun nanti pemerintahnya, karena hak-hak adat merupakan sumber yang paling awal. Kemudian membangun republik ini.

“Ada hukum adat, lingkungan kekayaan adat harus dilindungi,” ujarnya.

Ketua Latupati kota Ambon , Reza Valdo Maspaitella mengatakan, nilai integritas dan kejujuran serta jiwa berani merupakan salah satu nilai kekuatan orang Maluku pada masa lalu hingga masa kini.

Mahfud MD, menurut Reza sebagai tokoh nasional secara konsisten menunjukan karakter dan kepribadian, yang merupakan salah satu nilai karakter orang Maluku.

“Gelar adat kehormatan kepada pak Mahfud MD sebagai bukti karakter pemimpin besar jujur dan berani pelindung masyarakat Maluku,” katanya.

Melalui momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2023, seluruh elemen masyarakat Maluku diingatkan kembali terkait nilai-nilai karakter tersebut.

Khususnya bagi Maluku, tantangan nyata yang dihadapi adalah ketidaksiapan dan ketidakmampuan masyarakat adat untuk memberdayakan sumber daya alam yang melimpah di darat dan di laut, guna melepaskan diri dari kemiskinan dan keterbelakangan.

“Nilai dan karakter serta tantangan yang dihadapi ersebut dikembalikan kepada setiap generasi muda Maluku khusunya di negeri-negeri adat,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan