HLN ke-78, PLN Resmikan Penyalaan Tahap 3 bagi 21 PLTD Lisdes

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) terus menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan program Listrik Desa (Lisdes) yang tersebar di daerah tersebut.

Hal ini dibuktikan dengan kesuksesan yang dicapai secara bertahap selama lima tahun ini. Berdasarkan perencanaannya, PT PLN UIW MMU menargetkan total 97 Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) atau titik penyalaan melalui program Listrik Desa (Lisdes) ini. Berproses sejak pertama kali direncanakan pada 2018, sampai dengan Juni 2023 berhasil menyalakan 39 PLTD, kemudian PLN UIW MMU melakukan tahap kedua sebagai hadiah kemerdekaan Republik Indonesia di 38 PLTD. 

Sehingga, pada hari ini yang bertepatan dengan Hari Listrik Nasional, kembali menyalakan 21 PLTD dengan jumlah Desa sebanyak 87 Desa dan jumlah pelanggan sebanyak 11.994 pelanggan.

Dengan demikian, dari 97 lokasi PLTD tersebut, total sebanyak 490 Desa dan 56.740 pelanggan berhasil dilistriki oleh PLN UIW MMU.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menuturkan, bukan hal yang mudah membangun infrastruktur yang merupakan salah satu kunci keterhubungan di Bumi Raja-raja ini. 

Tantangan letak geografis, terutama kedua provinsi, baik Maluku dan Maluku Utara memiliki ciri khas daerah kepulauan. Cuaca buruk dan tak menentu di sepanjang 2023 juga tak bisa dihindari.

“Semua tantangan ini kami lalui berkat sinergitas luar biasa yang kami bangun bersama insan PLN dan stakeholders, termasuk masyarakat lokal di setiap daerah pembangunan infrastruktur listrik ini. Betapa sulitnya mengangkut peralatan pendukung infrastruktur ini di daerah, namun begitu tiba di lokasi dan disambut gembira dan antusias masyarakat yang juga turut membantu petugas lapangan itu sangat membantu sekali,” tutur Awat, Jumat, 27 Oktober 2023.

Kemudian lanjut Awat, penyalaan total 97 PLTD di Maluku dan Maluku Utara ini memang direncanakan rampung sebelum akhir 2023, sehingga momen Hari Listrik Nasional yang ke-78 pada Jumat, 27 Oktober 2023 ini, merupakan momen yang sangat tepat bagi PLN UIW MMU untuk meresmikan penyalaan 21 PLTD secara bersamaan. 

Selain itu, presentase pencapaian angka Rasio Elektrifikasi (RE) pun secara perlahan meningkat hampir mencapai 95% pada Oktober 2023 di Maluku dan Maluku Utara.

Peresmian dilakukan secara hybrid oleh Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto, dan berpusat di  Desa Warbal, Maluku Tenggara. 

Selain kehadiran Direktur Distribusi PT PLN (Persero), acara ini juga dihadiri oleh Bupati Maluku Tenggara, Para Pimpinan Forkopimda, Pimpinan Instansi Vertikal, Jajaran Perangkat Desa Warbal, Jajaran Manajemen PLN UIW MMU, serta masyarakat setempat dimana turut diramaikan juga oleh penampilan anak-anak yang memainkan alat musik ukulele secara bersama-sama.

Menurut Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto, Lisdes merupakan wujud nyata dari energi berkeadilan. PLN mendapatkan dukungan penuh untuk pengembangan infrastruktur terutama di 3T karena listrik menggerakan roda perekonomian. Proses yang panjang dan tidak mudah untuk mencapai hari ini merupakan bentuk sinergi dari Pemerintah, PLN dan masyarakat. 

Selamat menikmati listrik bagi masyarakat Desa Warbal dan semuanya yang terlistriki hari ini.

Di sisi lain, Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun memberikan apresiasi tinggi bagi kerja keras PLN.

“Hadiah dari PLN untuk masyarakat terutama di Desa Warbal dalam rangka hari listrik nasional. Terima kasih kepada PLN atas penyalaan Warbal,” ucap Thaher.

Adapun 21 PLTD di Maluku dan Maluku Utara yang bakal diresmikan tepat di Hari Listrik Nasional ke 78 ini, yakni; PLTD Barataku, PLTD Buli (Tameti), PLTD Yaba, PLTD Kampung Baru, PLTD Pastabulu, PLTD Pencado, PLTD Sum, PLTD Mano, PLTD Luang, PLTD Arwala, PLTD Ilmamau/Eray, PLTD Wunlah, PLTD Letmasa, PLTD Tayando Tam, PLTD Warbal, PLTD Benjuring, PLTD Koijabi, PLTD Lor-Lor, PLTD Benjina, PLTD Tabarfane dan PLTD Marlasi. (CIK)

  • Bagikan