Tiga Personel Polresta Pulau Ambon Dipecat

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Tiga personel Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, dipecat. Upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) digelar di Lapangan Upacara Mapolresta yang dipimpin Kapolresta Kombes Pol Driyano Andri Ibrahim, Jumat, 6 Oktober 2023.

Mereka adalah Bripka Rahim Tomia, anggota Polsek Nusalaut yang diberhentikan berdasarkan Keputusan Kapolda Maluku No. Kep / 466 / IX / 2023 tanggal 21 September 2023; Brigpol Romy Arwanpitu diberhentikan berdasarkan Keputusan Kapolda Maluku No. Kep / 467 / IX / 2023 tanggal 21 September 2023; dan Bripka San Herman Palijama diberhentikan berdasarkan Keputusan Kapolda Maluku No. Kep/468/IX/2023 tanggal 21 September 2023.

Para pecatan ini ada yang terlibat penjualan senjata api (Senpi) dan kasus asusila.

Kapolresta menyempaikan, untuk pertama kalinya di tahun 2023 dilaksanakan upacara PTDH dari dinas Polri terhadap tiga personel Polresta Ambon dengan pelanggaran masing-masing, yaitu 2 jual beli senpi dan 1 asusila.

PTDH dari dinas Polri ini dapat dilaksanakan secara absensial maupun inabsensial dengan tujuan untuk diketahui oleh publik secara umum dan sebagai pembelajaran kepada personel yang lain. Keputusan PTDH dari dinas Polri ini, tentunya tidak diambil dalam waktu singkat tetapi sudah melalui proses persidangan berlaku organisasi sesuai kepentingan prosedur dan yang kebaikan, ungkapnya.

Sebagaimana manusia biasa, kata Kapolresta, tentu merasa berat untuk mengambil keputusan ini, karena sebagai pimpinan ia harus menegakkan aturan-aturan, kode etik dan profesi Polri dalam rangka mewujudkan kedisiplinan dan soliditas internal yang baik.

Kepada personel yang di PTDH semoga saudara dapat menerima keputusan ini dengan lapang dada, walaupun saudara tidak lagi menjadi anggota Polri, saya berharap sebagai warga negara yang pernah di didik menjadi anggota Polri agar tetap memiliki hubungan emosional dengan polri dan menjadi mitra Polri dalam mewujudkan kamtibmas yang kondusif, selain itu saya juga mendoakan agar personel yang telah di PTDH dapat menjalani kehidupan yang lebih baik sehingga menjadi orang yang lebih sukses dalam keluarga maupun di tengah-tengah masyarakat, harapnya. (AAN)

  • Bagikan