Warga Teor Apresiasi Kinerja Komisi C DPRD SBT

  • Bagikan
Abdullah Kelilauw dan rekan-rekan saat berdiskusi dengan pegawai PLTD Kesui pada Sabtu pekan kemarin.

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — BULA, — Hari kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2023 akan menjadi hari spesial bagi warga Teor, Kecamatan Teor Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Bagaimana tidak, di momentum peringatan hari kemerdekaan itu, warga di kecamatan paling ujung Seram Bagian Timur itu sudah bisa menikmati akses listrik yang bersumber dari PLN.

Ini karena PT PLN (Persero) telah memulai pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Diesel atau PLTD di pulau Teor. Meski waktu pengoperasian baru sebatas 6 jam namun, itu dianggap sudah bisa menjawab kebutuhan penerangan yang lebih baik terutama dimalam hari.

Beroperasinya pembangkit listrik di pulau Teor dan beberapa pulau lainnya tidak terlepas dari upaya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Timur.

Peran wakil rakyat lewat komisi C melakukan berbagai pendekatan dengan perusahaan listrik negara (PLN) baik di Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara maupun Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Area Masohi hingga sejumlah PLTD yang baru dibangun di Kabupaten SBT akhirnya bisa dioperasikan.

Perjuangan Abdullah Kelilauw dan rekan-rekannya di komisi C DPRD SBT akhirnya mendapat apresiasi dan ucapan terima kasih dari warga Teor. Mereka menilai, komisi yang dipimpin Kelilauw itu punya andil besar dalam mengupayakan PLTD bisa beroperasi.

“Masyarakat Teor mengapresiasi kerja-kerja komisi C. Ini merupakan salah satu bentuk keberhasilan komisi. Sebagai anggota DPRD asal pulau Teor saya ucapkan terima kasih kepada semua stakeholder,”ucap anggota DPRD SBT asal Teor, Costansius Kolatfeka kepada media ini Sabtu pekan kemarin.

Kolatfeka mengaku, warga Teor bersyukur akses listrik dari PLN sudah tersedia di wilayah itu. Sebab, sejak 78 tahun silam Indonesia Merdeka, baru ditahun ini wilayah paling ujung yang berbatasan langsung dengan Kota Tual itu dialiri listrik.

Hal ini kata Kolatfeka menandakan, warga di pulau yang masuk dalam kawasan Terluar, Tertinggal dan Terdepan (3T) mulai merdeka dibidang kelistrikan.

“Komisi C turut mengambil bagian dalam 78 tahun Indonesia merdeka memperjuangkan masyarakat kawasan 3T, masyarakat kawasan pesisir seperti Teor bisa menikmati listrik,”katanya.

Saat ini Kolatfeka sudah berada di Pulau Teor. Kehadirannya disana untuk memastikan pengoperasian PLTD serta acara seremonial di tanggal 17 Agustus 2023 nanti berjalan dengan lancar.

Politisi partai Gerindra yang duduk di komisi B itu sendiri memulai kunjungan kerjanya ke Teor di pekan yang sama bersamaan dengan monitoring tim DPRD SBT ke lokasi proyek pembangunan jalan Lingkar Pulau Kesui, Kecamatan Kesui Watubela.

“Kunjungan saya ke Teor ini dalam rangka memantau langsung kerja-kerja PLN terkait dengan pengoperasian disana,”ucap dia. (RIF)

  • Bagikan