UT Ambon Sambangi 6 Instansi di Malra, tuk Penguatan Kemitraan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — TUAL, — Universitas Terbuka (UT) Ambon sambangi enam instansi di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dan Kota Tual, 7-10 Agustus 2023. Kunjungan tersebut dilakukan, untuk penguatan kemitraan.

Direktur UT Ambon, Yuli Tirtariandi El Anshori mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan UT saat ini adalah menguatkan kemitraan dengan Polri. Hal ini untuk menindaklanjuti MoU dan PKS yang sudah berjalan selama ini.

“Kali ini upaya memperluas jangkauan layanan sekaligus penguatan kemitraan dilakukan ke wilayah Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual,” kata Yuli, kepada wartawan Minggu 13 Agustus.
Karena itulah UT Ambon menyambangi Polres Maluku Tenggara dan Polres Kota Tual. Selain menguatkan kemitraan, UT Ambon juga ingin memotivasi personil Polri yang belum memiliki kualifikasi sarjana untuk bisa meneruskan pendidikan ke UT Ambon.

Ditambahkannya, dalam kunjungan sekaligus sosialisasi tersebut kedua pucuk pimpinan tertinggi di dua polres tersebut sangat merespons positif upaya yang dilakukan. Peningkatan kompetensi personil Polri sangat dibutuhkan untuk menciptakan Polri yang Presisi.

Dijelaskan lebih lanjut, selain ke Polres, UT Ambon juga menyambangi Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tual, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Tenggara, Kantor Imigrasi Tual dan Dinas Pendidikan Kota Tual. Silaturahmi tersebut juga sekalian melakukan penyapaan terhadap para pegawai instansi tersebut yang sudah memilih melanjutkan studi di UT.

“Khusus di Dinas Pendidikan kami juga menyampaikan informasi terkait program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Prodi PGSD dan PGPAUD bagi para guru SD, TK dan PAUD yang saat ini kualifikasi pendidikannya masih belum linier. Pengakuan atau pembebasan mata kuliah akan dilihat dari lamanya masa mengajar guru tersebut,” papar Yuli.

Kunjungan tersebut dilakukan semata-mata untuk mewujudkan tagline menjangkau yang tidak terjangkau yang sudah dicanangkan Universitas Terbuka (UT) secara nasional sejak lama. Olehnya itu, berbagai upaya terus dilakukan UT Ambon.

Untuk diketahui, pendaftaran jalur RPL masih dibuka hingga 21 Agustus. Sedangkan jalur umum hingga 31 Agustus 2023. Daftar secara online bisa melalui www.sia.ut.ac.id, atau bisa juga melalui Pengurus Pokjar di seluruh kabupaten/kota se-Maluku. Bisa juga datang langsung ke Kantor UT Ambon di Jl Wolter Monginsidi Lateri Kota Ambon pada hari Senin-Sabtu. (SSL)

  • Bagikan