Hyundai IONIQ 6 Hadir Perdana di GIIAS 2023 dengan Jarak Tempuhyang Lebih Jauh serta Inovasi Desain dan Teknologi Terkini

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — JAKARTA, — PT Hyundai  Motors  Indonesia (HMID)  hari ini  resmi  meluncurkan  model terbaru  dari  lini  electric  vehicle  (EV)  IONIQ,  yakni  IONIQ  6,  dalam  perhelatan  Gaikindo  Indonesia International Auto Show (GIIAS)  2023  di  ICE  BSD  City, Tangerang.  IONIQ 6  menawarkan  kebebasan mobilitas dalam bentuk electrified streamliner dengan fitur ramah lingkungan dan teknologi canggih. Peluncuran IONIQ 6 semakin mengukuhkan posisi Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif Indonesia dalam mendorong percepatanelektrifikasidiTanahAir, khususnya dengan linikendaraan listrik yang semakin lengkap bersama IONIQ 5.

WooJune Cha,  President  Director of  HMID,  mengatakan, “Progress for  Humanity sebagai visi  besar perusahaan merupakandasardari setiapinovasi yang Hyundai hadirkan untuk mobilitas masa depanyang berkelanjutan.   Berlandaskan  visi  tersebut,   IONIQ  6   hadir  sebagai   langkah   nyata   Hyundai   untuk memperkuat  kepemimpinannya  dalam  elektrifikasi  kendaraan  dan  solusi  mobilitas  cerdas.  Hadirnya IONIQ  6  pun  menjadi  bagian  dari  upaya  berkelanjutan  kami  dalam  mendukung  pemerintah  untuk mendorong percepatan elektrifikasi industri otomotif di Indonesia. Melalui pengenalan model baru ini, kami menyediakan berbagai pilihan kepada konsumen Indonesia, sehingga mereka dapat memiliki lebih banyakopsidalam memilihkendaraanyang sesuaidengan kebutuhandan preferensi mereka.”

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer of HMID, menambahkan, “IONIQ 6 merupakan buah dari konsistensi Hyundai dalamberinovasidan mendobrak batasuntuk merancang desain mobil modern, khususnyauntuk kendaraan listrik. Maka dari itu, IONIQ 6 hadir sebagai mobil listrik murni Hyundai paling aerodinamis dan  paling  efisien daya saat  ini.  Lengkap dengan eksterior yang futuristis,  interior yang lapang,  serta  pengembangan  teknologi  yang  advance,  IONIQ  6  memberi  pengalaman  berkendara terbarukanyang tak dapatditemukandi kendaraan lainnyauntuk Awaken Your World.”

Model  terbaru  dari  lineup  IONIQ  selaku  lini  kendaraan  khusus  BEV  mengusung  keselarasan  antara estetika,  efisiensi,  dan  fungsionalitas  dengan  tema  desain  Ethical  Uniqueness  yang  mencerminkan komitmen  customer-centricity  dari  Hyundai  dalam  menjalankan  efisiensi  energi  dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Terinspirasi oleh Prophecy EV Concept dari Hyundai, IONIQ 6 memiliki ciri khas akan goresan garis yang simple dan clean serta rancang bangun yang aerodinamis, yang disebut oleh para desainer Hyundai sebagai Emotional Efficiency.

Sejak  pertama  kali  diluncurkan  secara global,  IONIQ  6 telah  mendapatkan  pengakuan dunia  melalui prestasi di berbagai ajang bergengsi, di antaranya adalah World Car of the Year, World Electric Vehicle, dan World Car Design of the Year di perhelatan 2023 New York International Auto Show (NYIAS), kali kedua lini IONIQ menggaet penghargaan World Car Awards setelah IONIQ 5 pada NYIAS 2022. Selain itu, IONIQ 6 juga memenangkan penghargaan “Saloon of the Year” pada 2023 GQ Car Awards, penghargaan EV of the Year 2023 oleh majalah Car and Driver, serta “Best in Class” di kategori “Large Family Car” oleh Euro New Car Assessment Programme (NCAP).

Lebih  lanjut,  bersama  IONIQ 5,  IONIQ 6 juga  menjadi  bentuk  komitmen  Hyundai dalam  mendukung kesuksesan Indonesia sebagai ASEAN Chairmanship 2023 pada penyelenggaraan ASEAN Summit ke-43 pada September 2023 di Jakarta dan Archipelagic & Island States Summit 2023 pada Oktober 2023 di Bali. Pada kedua ajang tersebut, IONIQ 6 akan digunakan sebagai kendaraan untuk pasangan delegasi VVIP, sementara IONIQ 5 disiapkan menjadi kendaraan operasional.

Eksterior Futuristis yang Mengedepankan Desain Aerodinamis

Mengusung   konsep   Electrified  Streamliner  dengan  tampilan  yang  sporty  dan   modern,   IONIQ  6 menawarkan solusi mobilitascerdas dengandesain eksterior yang sleek dan futuristis. IONIQ 6 merupakan model kendaraan Hyundai dengan drag coefficient terendah, yaitu 0,21, menjadikannya sebagai salah satu BEV palingaerodinamissaat ini.

Tidak hanya pada kontur mobil, aspek aerodinamis juga ditekankan pada detail-detail eksterior lainnya. Salah satunya adalahgagang pintu yang menggunakan Flush Door Handles yang telahdirancang saksama untuk meningkatkanaerodinamika dari kendaraan. Flush Door Handles yang rata dengan bodisaat mobil terkunci juga memastikan keamanan dari IONIQ 6. Aspek ini didukung oleh penampilan stylish IONIQ 6 dengan penggunaan velg alloy berukuran 20 inci.

Kesan  mewah  dan  futuristis  pada  eksterior  IONIQ  6  pun  tampak  dari  penggunaan  desain  lighting Parametric Pixels di lampudepandan lampu belakang serta Parametric Pixel High-Mounted Stop Lamp padarear spoiler. Sistem Parametric Pixel tidak hanya menambahestetika desain dari IONIQ 6, tapi juga menjadisimbol yang menerangi masa depanelektrifikasi industriotomotif Indonesia.

Hyundai meneruskan komitmen berkelanjutan dengan menggabungkan fungsionalitas dan estetika dari Hyundai IONIQ 6 ke dalam aplikasi interior, khususnya dalam melakukan pewarnaan pada kendaraan. Pigment paint untuk body cladding IONIQ 6 dibuat dari sampah banyang didaur ulang.

Interior Lapang berkat E-GMP

Terinspirasi  dari  bentuk  kepompong  (cocoon),  Hyundai  IONIQ  6  dirancang  untuk  mengutamakan kenyamanan  dan   keleluasaan   pengguna.   Dilengkapi   dengan  platform   E-GMP  untuk   memberikan kenyamanan  maksimal  di dalam  kendaraan,  IONIQ 6  memiliki  wheelbase sepanjang  2.950  mm yang membuat interior kendaraan lebih lapang dibanding model BEV lainnya. Secara keseluruhan, dimensi IONIQ 6 berukuran panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.495 mm, serta ground clearance 141 mm yang menawarkan kenyamanan dankestabilan selama perjalanan.

Ruang interior pun IONIQ 6 benar-benarterasa luas berkat legroom yanglebih lega dan lantai mobil yang sepenuhnya rata sehingga pengguna bisa lebih rileks dalam melakukan perjalanan. Lapangnya interior IONIQ 6 juga semakin  maksimal dengan ditiadakannya tombol-tombol fisik  pada  pintu  depan  untuk memberikan ruang yang lebih banyak terhadap penyimpanan barang. Adapun interior dari baris depan IONIQ 6 jugadilengkapi dengan bridge-style open console yang bisadiatur untuk meletakkan perangkat atau menyimpan barang keperluan. IONIQ 6 jugadilengkapiglove box sebagai ruang penyimpananyang efisien.

IONIQ 6 juga menghadirkan kenyaman maksimaldi tiap kursi. Di baris depan, pengguna akandimanjakan dengan fitur Relaxation Comfort Seat di mana posisi bantalan kursi,sandaran kursi, dan penyangga kaki bisa diatur sesuai  keinginan. Jadi,  pengguna  bisa  mendapatkan  posisi duduk yang relaxing dan  lebih nyaman. Lalu, kursi pengemudidan kursipenumpang depantelah dilengkapi dengan pengaturan elektrik 10 arah, lumbar support, memory function, serta pendingin dan pemanas kursi, jadi  pengguna bisa menjaga posturtubuh dan kenyamanantetapsempurnaselama berkendara.

Tak hanya lapang, interior IONIQ 6 juga tampil elegan berkat kehadiran Dual Color Ambient Lighting. Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih profil pencahayaan didalam kendaraan sesuaimooddanselera dari 64 opsi warnadan 6 tema warnaganda yang tersedia.

Sepertieksteriornya, interior IONIQ 6 juga menerapkan aspek berkelanjutan lewat penggunaan berbagai bahan ramah lingkungan. IONIQ 6 menggunakan material hasil daur ulang botol PET serta komponen alami berbasis tebu dan jagung dalam membuat berbagai elemen seperti jok, headlining, dan karpet. Seluruh permukaan panel interior pintudan setir IONIQ 6 pun dilapisioleh cat berbahanalamidariminyak ekstraktanaman bunga kubis danjagung.

Teknologi Terdepan untuk Pengalaman Berkendara yang Memuaskan

Pengembangan   arsitektur   E-GMP   pada   IONIQ   6   menawarkan   peningkatan   signifikan   terhadap kenyamanan berkendara secara keseluruhan, baik dari segi performa maupun jarak tempuh. Berbekal baterai 77,4  kWh  dan  menggunakan  dual  motor  dengan sistem  penggerak  all-wheel drive,  IONIQ 6 mampu  menghasilkan  daya  sebesar  239  kW  dan  torsi  sebesar  605  Nm.  Tenaga  maksimal  pun memungkinkan  IONIQ  6  mampu  melaju  dari  0– 100  km/jam  hanya  dalam  waktu  5,1  detik,  dengan kecepatan maksimaldapat mencapai 185 km/jam.

Performa terdepan  didukung  dengan  konsumsi daya yang  efisien  untuk jarak tempuh yang  panjang. Berdasarkan hasil uji coba dari Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLPT), IONIQ 6 bisa menempuhhingga 519 km per pengisian daya dengankonsumsienergi 16,9 kWh/100 km. Dengan begitu, IONIQ 6 menjadi salah satu BEV paling efisien daya saat ini. Berdasarkan pengukuran tersebut, IONIQ 6 dapat menempuh perjalanandari Jakarta menuju Magelang, JawaTengah, dalam satu kali pengisian daya baterai. Pengguna pun bisa menikmati pengalamanberkendara yang worry-free dengan IONIQ 6, bahkan untuk perjalanan jarakjauh.

Peningkatan platform  E-GMP juga  memungkinkan  pengisian  daya yang  lebih  optimal.  IONIQ  6 telah mendukung teknologi DC ultra fast charging hingga 800V yang mampu mengisi daya kendaraan hanya dalam waktu 18 menit (10%–80%) menggunakan ultra fast-charger dengan kapasitas 350 kW. Adapun pengguna  bisa  menikmati  pengisian  super  cepat  ini  di  Ultra  Fast  Charging  Station  Hyundai  di  Plaza Indonesia, Jakarta. IONIQ 6 juga kompatibelterhadap DC fast charging dengan daya 50kW dengandurasi pengisian  sekitar  73  menit  (10%–80%)  dan  AC  standard  charging  dengan  daya  7kW  dengan  waktu pengisiansekitar 12 jam (0%– 100%).

Sama halnya dengan IONIQ 5, IONIQ 6 juga menawarkan teknologi Vehicle-to-Load (V2L). Menawarkan kapasitas hingga 3.600 watt, fitur ini memungkinkan mobil berfungsi sebagai pengisi daya listrik dalam perjalanan, jadi pengguna bisa mengisi daya perangkat listrik apa pun, dari sepeda listrik, skuter listrik, hingga peralatan berkemah, langsung dari kendaraan. Selain memiliki power outlet eksternal, IONIQ 6 jugamenyediakan power outlet di interior kendaraan untuk mengisi daya smartphone, laptop, dan gadget lainnya denganpraktis.

Teknologi  terdepan  juga  disematkan  pada  sistem  infotainment  kendaraan.  IONIQ  6  telah  dibekali Supervision  Digital  Cluster  berukuran  12.3  inci  dan  Head-up  DisplayBluetooth.  Konektivitas  yang ditawarkan menjamin pengalaman hiburan immersiveselama perjalanan, apalagi IONIQ 6 jugadilengkapi 8 BOSE Premium Audio System dengan External Amplifier dan LED ambient mood lighting.

Fitur Hyundai SmartSense yang Komprehensif, Mendukung Keamanan Berkendara

IONIQ  6  telah  dibekali  fitur  keamanan  terkini  nan  komprehensif  dari  Hyundai  SmartSense  untuk memberikan   pengalaman   berkendara   terdepan.   Diciptakan   untuk   memberikan   keamanan   dan kenyamanan berkendarabagi pengguna, Hyundai SmartSensedirancangagarbisamemantau areasekitar dan membantu pengguna menghindari potensi bahayasaat mengemudi.

Salah satu fitur  Hyundai SmartSense yang disematkan  pada  IONIQ 6 adalah  Intelligent Front-lighting System  (IFS) .  Fitur  ini secara  pintar  mematikan sebagian  dari  lampu  High  Beam  IONIQ 6 agar tidak mengganggu pengemudi mobil di depan atau sisi lain jalan. Dipandu kamera dan headlamp controller IONIQ 6, fiturini membuat pengalaman berkendaradi malam hari jadi lebihaman.

Lalu, ada Forward CollisionAvoidance Assist 2 (FCA 2) yang bisa mencegah tabrakandengan kendaraan atau objek lain disekitar IONIQ 6. Fiturinidapat melakukan pengeremansecaraotomatis jika mendeteksi potensi tabrakan dari sisi kiri atau kanan persimpangan jalan hingga menyesuaikan kemudi mobil agar tidak menabrak saat berganti jalur.

Fitur Hyundai SmartSense lain yang hadirdi IONIQ 6 meliputi Blind-Spot Collision-avoidance Assist (BCA), Blind-Spot  View  Monitor  (BVM)Driver  Attention  Warning  (DAW)  yang  meliputi  Leading  Vehicle Departure Alert, Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist – Line/Road-Edge (LKA-L/R), Parking Collision-avoidance Assist-Reverse (PCA-R), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Rear Occupant Alert (ROA), Safe Exit Warning (SEW), Smart Cruise Control (SCC) with Stop & Go Function, dan Surround View Monitor (SVM) .

Untuk menjamin pengalaman berkendara yang aman dan nyaman, IONIQ 6 juga didukung dengan fitur- fitur Electronic Stability Control (ESC) yang meliputi Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist System (BAS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Hill-start Assist Control (HAC), Multi Collision-Avoidance Brake (MCB), Traction Control System (TCS), dan Vehicle Stability Management (VSM). Tak ketinggalan, terdapat fungsi-fungsi penunjang lainnyaseperti Emergency Stop Signal (ESS), Manual Speed Limit Assist (MSLA)Parking  Distance Warning –  Forward/Side/Reverse  (PDW-F/S/R), Tyre  Pressure  Monitoring System (TPMS), dan Virtual Engine Sound System (VESS).

Layanan Aftersales Terdepan untuk IONIQ 6**

HMID  memberi  kenyamanan  lebih  bagi  pengguna  IONIQ  6  melalui  layanan  after-sales  khusus  bagi pengguna IONIQ 6 di Indonesia, meliputi:

●    Garansi Dasarselama 3 tahunatau 100.000 km (mana yang tercapailebih dulu)

●    Garansi Baterai Kendaraan Listrik selama 8 Tahun atau 160.000 km (mana yang tercapai lebih dulu)

●    Gratis jasa perawatanselama 6 tahunatau 90.000 km (mana yang tercapailebih dulu)

●    Gratis sukucadanguntuk perawatan berkalaselama 6 tahunatau 90.000 km (mana yang tercapai lebih dulu)

Untuk menjamin pengalaman kepemilikan kendaraanyang worryfree, HMID juga menyiapkan berbagai layanan after-salesterdepan lainnya untuk IONIQ 6. Pengguna bisa menikmati pelayanan pelanggan 24 Jam  yang  bisa  diakses  melalui  Hyundai  Call  Center,  WhatsApp,  dan  Hyundai  Bluelink.  Pelayanan pelanggan 24 Jam juga telah terintegrasi dengan Layanan Darurat 24 Jam seperti Roadside Assistance, Take Me Home, dan Mobile Charging Service. Layanan after-sales HMID juga memberikan kemudahan akses  service  bagi  pelanggan  melalui  solusi  Mobile  ServicePick  Up  &  Delivery  ServiceService @myHyundai, dan Hyundai Genuine Parts Availability 24 Hours Guarantee or Free.

Untuk mengoptimalkan kepuasan pelanggan, layanan after-sales dari HMID didukung dengan jaringan dealer  Hyundai di  131 titik di seluruh  Indonesia.  HMID  pun  menjamin  ketersediaan suku cadang di Indonesia  melalui  program  Hyundai  Genuine  Parts  Availability  24  Hours  Guarantee  or  Free  yang didukung oleh fasilitas Hyundai Parts Center seluas 1,2 Ha yang berlokasi di Deltamas, Cikarang, yang mampu menyimpan lebih dari 30.000 items.IONIQ 6 tersedia mulai hari ini di seluruh dealer Hyundai di Indonesia dalam berbagai warna eksterior yaitu, Abyss Black Pearl, Serenity White Pearl, Gravity Gold Matte*, Nocturne Grey Matte*, Biophilic Blue Pearl. IONIQ 6 dijualdengan harga (On The Road Jakarta) Rp1.197.000.000,-.

Informasilebih lanjut mengenai IONIQ 6 bisa mengunjungisitus resmi HMID di www.hyundai.com/id/id atauberbagai kanal mediasosial kami yang meliputi InstagramHyundaiMotorIndonesia, YoutubeHyundai Motors Indonesia, FacebookHyundai Motors Indonesia, dan Twitter@HyundaiMotorID.

Tentang PT. Hyundai Motors Indonesia

Didirikan padatahun 2020, PT Hyundai Motors Indonesia adalahanak perusahaan dan distributor resmi penjualan dari  Hyundai  Motor  Company  untuk  mobil  komersial  Hyundai  di  Indonesia.  Hyundai  Motors  Indonesia  terus meningkatkan jajaran produknya yang memberikan solusi untuk masa depan yang berkelanjutan, seperti IONIQ Electric, KONA Electric, dan IONIQ 5. Perusahaan juga akan terus memperkenalkan inovasi lainnya di masa depan. Untuk mendukung kehadirannya di pasar Indonesia, Hyundai Motors Indonesia hingga saat ini telah membangun 131 dealer yang tersebardi penjuru Indonesia.

  • Bagikan