Golkar, PAN dan PKB Deklarasikan Prabowo Capres 2024

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — JAKARTA, — Penyataan Adik Prabowo Subianto yang juga Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djoyohadikusomo, terbukti benar: Atas restu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) masuk dalam koalisi yang mendukung ketua umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai capres 2024 mendatang.

Dukungan kepada Prabowo Subianto itu, masing-masing dinyatakan oleh ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan ketua umum PAN H Zulkifli Hasan. Mereka juga menandatangani kerjasama politik antara Prabowo dengan Partai Gerindra, PKB, Golkar dan PAN yang dilakukan di Museum Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu 13 Agustus 2023.

Menurut Airlangga Hartarto, Partai Golkar memberikan dukungannya kepada Letjen TNI Purn Prabowo Subianto karena Prabowo lahir dari rahim Partai Golkar. Pak Prabowo selalu mengikuti kegiatan Golkar dan tidak diragukan Pak Prabowo sangat egaliter, kata Airlangga saat menyampaikan dukungannya.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan juga membeberkan alasan partainya mendukung Prabowo. Menurut dia, PAN dan Prabowo sudah berpengalaman kerjasama pada Pilpres 2014 dan 2019. Selama Pak Prabowo maju di Pilpres, PAN ini akan selalu mendukung Prabowo. Kami meyakini apa yang diperjuangkan Pak Prabowo baik untuk bangsa ini, ujar Zulkifli, usai acara deklarasi.

Sebelumnya, Partai Gerindra dan PKB, tepatnya pada 13 Agustus 2022, lalu, juga mendeklarasikan Prabowo Capres, lalu disusul dengan Partai Bulan Bintang (PBB).

Eskalasi politik bergerak cepat. Airlangga Hartarto yang semula menawarkan dirinya menjadi Capres Anies Baswedan kepada Surya Paloh, urung. Menurut Hashim, Menteri Koordinator Perekonomian itu, sudah mendapat arahan Jokowi, sehingga dukungan Golkar kepada Prabowo.

Sementara itu, Prabowo Subianto mengatakan, dukungan Golkar dan PAN ini tepat dilakukan setelah setahun Gerindra dan PKB juga menyatakan sikap yang sama.

Dalam Pidatonya setelah deklarasi Golkar dan PKB, Menteri Pertahanan RI itu mengatakan, bahwa dirinya dan para koalisi partai yang mendukungnya, berkomitmen untuk meneruskan seluruh program Presiden Jokowi ke depan.

Karena semua yang dilakukan Presiden Jokowi selama ini adalah terbaik untuk bangsa ini dan telah menjadikan Indonesia sebagai midle income country, kita akan menjadi negara maju, ujarnya. (MI)

  • Bagikan