Talaohu Tokoh Reformis 98 Dianggap Layak Pimpin Maluku

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID-AMBON-: Wahab Talaohu, salah satu tokoh reformasi 98 digadang-gadang siap bertarung di Pilgub 2024. Wahab Talaohu merupakan tokoh muda Maluku yang ikut berkontribusi banyak terhadap lahirnya reformasi di Indonesia. 

Dukungan  pencalonan Wahab Talaohu pada Pilgub Maluku 2024 bahkan mulai mengalir. Beberapa waktu lalu, Sekretaris Depidar Soksi Maluku, David Clemen Sembiring telah menyampaikan apresiasi terhadap pencalonan salah satu pentolan aktifis 98 tersebut. 

Kini dukungan serupa datang dari sejumlah ormas yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Peduli Indonesia Timur (APPIT). 

Koordinator APPIT Kabupaten Maluku Tengah, Jamaldin Nahumarury menilai Wahab Talaohu adalah refresentasi perubahan di Maluku. 

” Komitmen Bung Wahab Talaohu terhadap kemajuan Indonesia dan daerahnya dalam hal ini Maluku, adalah sesuatu yang given, tidak terelakkan,” ujar Nahumarury dalam keterangan pers. Jumat 11 Agustus 2023.

Menurut Nahumarury, Maluku adalah daerah yang tertinggal dalam banyak aspek, sehingga daerah ini butuh kepemimpinan dengan komitmen tinggi dan dedikasi yang paripurna guna menarik daerah ini dari jurang ketertinggalannya. 

” Kita telah mengidentifikasi banyak tokoh Maluku yang mampu membawa daerah seribu pulau ini menuju kejayaannya. Tapi Itu hanya ada pada dua figur, yakni Jefry A. Rahawarin dan Wahab Talaohu. Mereka berdua adalah kombinasi ideal dimana Jefry adalah purnawirawan TNI yang berintegritas dan tegas dalam mengambil keputusan, sedangkan Wahab adalah tokoh muda yang cerdas,berpengalaman panjang dalam mengusung tema perubahan. Serta memiliki visi pembangunan daerah yang tajam,” pungkasnya.

Menurut Nahumarury, jika ingin Maluku maju dalam kecepatan yang lebih dari saat ini, maka masyarakat Maluku harus memberi kesempatan kepada kedua tokoh tersebut meminpin Maluku nantinya. 

Wahab memang sempat absen dari pentas politik tanah air pasca tumbangnya Soeharto. 

Wahab lalu mengawali karirnya sebagai Manajer Pemasaran di perusahaan Swasta tahun 2000, kemudian tahun 2012 menjabat sebagai Komisaris PT Semen Tonasa Indonesia (BUMN), dan pada tahun 2020 menjabat sebagai Komisaris PT Danareksa Finance (BUMN).

Kini Wahab kembali dipercaya oleh negara sebagai Komisaris Independen pada PT. Kliring Berjangka Indonesia.

Wahab juga sempat bergabung dengan Dewan Pengurus Pusat Partai Hanura dan mencalonkan diri sebagai anggota DPR-RI dari Partai Hanura pada Pileg 2019.(ARI)

  • Bagikan