PLN Pasang Listrik Gratis Bagi 3.500 Warga di Maluku-Maluku Utara

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Sebanyak 3.500 warga di Maluku dan Maluku Utara akan mendapatkan pemasangan listrik gratis. Ini setelah, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan dan PT PLN (Persero) melakukan kick off pelaksanaan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) bagi rumah tangga tak mampu di Wilayah Maluku-Maluku Utara pada 24-25 Juli 2023.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menuturkan, pelaksanaan BPBL ini bertujuan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi serta memenuhi kebutuhan energi listrik yang belum merata, khususnya bagi rumah tangga kurang mampu yang belum terhubung dengan jaringan tenaga listrik PT PLN (Persero).

“Hari ini kami melakukan penandatanganan pelaksanaan pemasangan listrik yang programnya adalah Bantuan Pasang Baru Listrik kepada masyarakat kurang mampu. Ini merupakan kerjasama antara pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM dan PLN. Kami sudah survei masing-masing lokasi 21 kota / kabupaten di Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Pendataan juga sudah dilakukan,” tutur Awat, Selasa (25/7/2023)

Kata dia, semua data sudah lengkap. Diharapkan dalam waktu dekat dapat direalisasikan secara bertahap, agar masyarakat segera menikmati listrik PLN.

“Insya Allah 3.500 pelanggan yang masuk dalam program ini, akan kita wujudkan secara bertahap yang rencananya pada 31 Oktober realisasi akan mencapai 100%,” tambah Awat.

Dia berharap melalui program BPBL ini, kualitas hidup masyarakat di Maluku dan Maluku Utara menjadi meningkat.
Di mana yang sebelumnya belum memiliki akses listrik dengan adanya listrik masyarakat akan mendapatkan akses ke penerangan alat elektronik dan fasilitas lainnya yang memerlukan listrik sehingga meningkatkan kenyamanan, produksi dan kesempatan untuk memanfaatkan teknologi modern.

Selain itu, dengan adanya akses listrik diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal masyarakat, dapat membuka usaha baru, meningkatkan produktivitas atau menciptakan lapangan kerja baru yang akan membantu mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan.

“Setelah terlaksana program bantuan pasang baru listrik oleh PT PLN (Persero) diharapkan bahwa berbagai aspek positif akan terjadi baik bagi masyarakat yang menerima bantuan listrik, maupun untuk kemajuan dan pembangunan nasional secara keseluruhan,” pungkasnya.(CIK)

  • Bagikan