Kadis PUPR SBB Diperiksa

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Nasir Suriali, dimintai keterangan oleh penyidik Subdit III Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Maluku.

Nasir Suriali dimintai keterangan terkait Jalan Rumahsoal-Neniari Gunung. Proyek ini dikerjakan CV Tri Setya Novalia, dengan memakai APBD Tahun 2022.

Sebab, belum sesuai target, dana senilai Rp11 miliar lebih itu sudah dicair 50 persen.

“Beberapa waktu lalu Pak Kadis (PUPR SBB) sudah diambil keterangannya soal masalah ini,” kata sumber terpercaya kepada Rakyat Maluku, Senin, 17 Juli 2023.

Dari pemeriksaan itu, tambah sumber, Kadis PUPR membantah kalau progres jalan Rumahsoal-Neniari baru 32 persen.

“Kadis sampaikan sudah 50 persen. Tapi nanti dilihat lagi,” ujarnya.

Selain Kadis PUPR, penyidik juga mengambil keterangan dari anak buah Nasir Suriali dan Konsultan Pengawas.

“Bendahara pengeluaran dan konsultan pengawas diperiksa. Baru tiga orang ini,” beber dia.

Ditreskrimsus Polda Maluku Kombes Pol Harold Wilson Huwae, yang dikonfirmasi membalas pesan WhatsApp yang dikirim media ini.

Terpisah, Kadis PUPR Nasir Suriali pun tak mengangkat Handphonenya meskipun ada masa masuk. Pesan WhatsApp juga tak dibalas

Pembangunan jalan Rumahsoal-Neniari Gunung, senilai Rp11.752.060.887,89, diduga bermasalah.

Sebab, pekerjaannya baru 32 persen, tapi pencariannya 50 persen.

Proyek dikerjakan oleh CV Tri Setya Novalia yang beralamat di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Perusahaan ini memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 02.360.326.9-942.000.

Pada laman LPSE Kabupaten SBB, selain CV Tri Setra Novalia ada 18 perusahaan lain yang ikut mendaftar juga.

Dari total 19 perusahaan yang mendaftar, hanya lima perusahaan yang memasukan berkas penawaran yaitu CV Tri Setya Novalia, CV Seram Utara, CV Miko Sejahtera, CV Mutiara Makmur dan CV Syura Adikara.

CV Tri Setya Novalia memasukan nilai penawaran Rp. 11.757.060.867,89 dan dinyatakan sebagai pemenang. Sedangkan empat perusahaan lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat pada tahap evaluasi.

Kode tender paket ini adalah 2702706, dengan nama tender Pembangunan Jalan Ruas Desa Rumahsoal – Desa Neniari Gunung.

Kode Rencana Umum Pengadaan (RUP) 32079909 dengan nama paket Pembangunan Jalan Ruas Desa Rumahsoal – Desa Neniari Gunung. (AAN)

  • Bagikan