PLN Sosialisasi Ketenagalistrikan Bagi Masyarakat di Desa Oki

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — BURU, — Asisten Manager Pemasaran Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon, Darmawaty menyampaikan, PLN akan memberikan pelayanan kelistrikan yang terbaik kepada masyarakat serta kemudahan dalam pengurusan terkait kelistrikan hanya dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile.

Hal itu disampaikan Darmawaty saat bertandang ke Desa Oki, Kabupaten Buru, Maluku dalam kegiatan edukasi ketenagalistrikan, Sabtu, 15 Juli 2023.

Dia menyebutkan kegiatan edukasi yang digelar PLN UP3 Ambon bersama dengan Unit Layanan Pelanggan (ULP) Namrole itu bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat desa tentang ketenagalistrikan dan pemanfaatan PLN Mobile, terutama dalam menyampaikan gangguan listrik.

“Melalui fitur-fitur di PLN Mobile, dapat membantu pelanggan dalam mengakses layanan kelistrikan antara lain pengajuan pasang baru dan tambah daya, laporan gangguan, bayar tagihan dan sebagainya, semua bisa dinikmati dengan lebih mudah dan nyaman hanya dalam satu genggaman. Hal Ini merupakan salah satu wujud Transformasi PLN dalam layanan pelanggan yang semakin inovatif dan tentunya berfokus kepada pelanggan sehingga berdampak terhadap peningkatan kepuasan pelayanan yang lebih baik,” jelas Darmawaty.

Dalam kegiatan tersebut, Manager PLN ULP Namrole, Stenly Latumahina turut memberikan gambaran dan materi singkat kepada masyarakat yang ikut serta. Selain itu, ia juga memaparkan bagaimana energi listrik dihasilkan dan bagaimana produksi, serta distribusinya.
Jika terjadi pemadaman listrik, masyarakat diajarkan mengenali faktor apa saja yang mempengaruhi, dampaknya serta bagaimana prosesnya.

“Pengenalan K3 kepada masyarakat diberikan agar masyarakat bisa lebih memahami arti pentingnya K3 dalam bekerja dan dapat diterapkan di lingkungan kerja dan rumah,” ujarnya.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula menyatakan, merupakan bagian dari tugas PLN untuk turun dan memastikan masyarakat paham tentang cara kerja suatu sistem kelistrikan.

“Hal ini juga agar masyarakat paham jika terjadi sesuatu, mereka sudah tahu apa yang mesti dilakukan,” sebut Awat.

Sosialisasi di Desa Oki Baru berjalan dengan lancar dan mendapat dukungan penuh dari Kepala Desa, Kepala Dusun beserta jajarannya. Dalam sosialisasi tersebut juga disepakati bahwa sosialisasi untuk desa-desa yang ada di kecamatan Namrole akan dilaksanakan secara rutin oleh PLN UP3 Ambon dan ULP Namrole. Hal ini bertujuan agar listrik pintar bisa lebih dikenal di kalangan masyarakat.

Kepala Desa Oki Baru, Ali Nurlatu berharap, sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang PLN dan layanan PLN.

“Harapannya setelah ini masyarakat kami menjadi pengguna aktif PLN Mobile, atau menjadi perpanjangan tangan untuk menginformasikan tentang aplikasi tersebut kepada desa lain atau lingkungan sekitarnya, sehingga bisa membantu PLN untuk percepatan pelayanan kelistrikan. Kami juga berharap masyarakat dapat melek akan teknologi sekarang yang berkembang sangat pesat,sehingga tuntutan zaman sekarang tidak membuat masyarakat kaget, namun dapat beradaptasi dengan cepat,” harapnya. (CIK)

  • Bagikan